Kompas.com - 08/12/2021, 17:57 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah sangat penting bagi proses tumbuh kembang, serta mencegah terjadinya gizi buruk (stunting) pada anak-anak.

Oleh sebab itu, peran orangtua sangatlah dibutuhkan dalam mengedukasi anak-anak mengenai pentingnya mengonsumsi sayur dan buah dengan rutin bagi kesehatan mereka secara keseluruhan.

Apalagi, menurut Country Director World Food Programme Indonesia, Jennifer Rosenzweig, sekitar 46 juta atau 17,2 persen anak berusia 10-19 tahun masih kekurangan nutrisi.

"Mereka membutuhkan kombinasi zat gizi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang banyak tersedia di sayur maupun buah lokal."

Demikian penuturannya dalam acara peluncuran kampanye digital #KerenDimakan melalui aplikasi Zoom, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Cara Nana Mirdad dan Andrew White Biasakan Anak Makan Sayur

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes, Dr Imran Agus Nurali, SpKO, mengungkapkan bahwa bahwa makan sayur dan buah juga dapat mencegah penyakit tidak menular, serta mampu meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi Covid-19 ini.

"Menumbuhkan kebiasaan makan sehat dan bergizi itu ternyata berdampak signifikan terhadap pengurangan komorbid yang bisa memperparah Covid-19," katanya.

"Dengan mengurangi makanan-makanan seperti junk food dan memperbanyak sayur maupun buah, itu akan berpengaruh pada hormon, serta melancarkan sistem peredaran darah," jelas dia.

Imran pun merekomendasikan saat menyiapkan makan bagi anak, orangtua harus mengikuti pedoman makan empat sehat lima sempurna dengan gizi yang seimbang.

"Untuk mendapatkan lebih banyak vitamin mikro, maka porsi sayur dan buah harus diperbanyak," ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.