Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain Mudah Lelah, 7 Gejala Ini Ternyata Tanda Penyakit Ginjal

Kompas.com - Diperbarui 07/10/2022, 07:31 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Health.com

KOMPAS.com - Kesehatan ginjal adalah aset berharga bagi tubuh. Pasalnya, ginjal berfungsi untuk membuang racun, menyeimbangkan kadar air, dan menyaring darah dalam tubuh.

Ginjal tidak sehat dapat mengakibatkan penumpukan racun yang bisa menimbulkan penyakit dan memperburuk kondisi kesehatan seseorang.

Ada sejumlah gejala yang mengindikasikan ginjal bermasalah, atau bahkan terserang penyakit. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari hal ini.

Menurut, National Kidney Foundation (NKF), sekitar 90 persen orang dengan penyakit ginjal tidak menyadari bahwa ginjal mereka bermasalah. Ini adalah data yang mengejutkan, tapi patut untuk diwaspadai.

"Kebanyakan orang dengan penyakit ginjal tidak menunjukkan gejala sampai tahap yang sangat akhir," ujar kepala klinis nefrologi di NYU Langone Health di New York, David Goldfarb, MD.

Karena hal itu, sangat penting bagi seseorang yang berusia di atas 60 tahun, menderita diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan gangguan autoimun, untuk menjalani pemeriksaan rutin terhadap ginjalnya.

Tetapi, menurut spesialis ginjal di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Staci Leisman, MD ada gejala ringan yang dapat muncul, baik di tahap awal maupun tahap selanjutnya saat ginjal mulai bermasalah.

Baca juga: 10 Gejala Awal Penyakit Ginjal yang Tak Boleh Disepelekan

Apa saja gejala awal penyakit ginjal?

Dr. Leisman membeberkan sejumlah gejala yang dapat muncul pada tahap awal penyakit ginjal, sebelum ginjal mengalami terlalu banyak kerusakan.

1. Buang air kecil di malam hari

Pada siang hari, kelebihan cairan dalam tubuh dapat menumpuk di pergelangan kaki dan betis saat berdiri dan duduk.

Tapi, ketika seseorang tidur di malam hari, cairan berlebih yang menumpuk akan langsung bergerak menuju ke ginjal.

Jika ginjal rusak, organ tubuh ini tidak dapat menyaring cairan itu dan membuat seseorang sering ke kamar mandi di malam hari.

Apabila ia sering ke kamar mandi untuk buang air kecil lebih dari sekali, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk berkonsultasi.

2. Pembengkakan

Robert Greenwell, MD selaku kepala nefrologi di Mercy Medical Center di Baltimore mengatakan bahwa ketika ginjal rusak, organ tubuh ini tidak bisa menyaring garam, yang berakibat pada edema atau pembengkakan di pergelangan kaki dan tungkai.

Seseorang juga mungkin melihat bengkak di sekitar mata, terutama saat pagi hari, yang tidak bisa hilang dengan perawatan biasa.

"Ginjal membocorkan protein ke dalam urin, yang berarti lebih sedikit yang masuk ke darah," jelas Dr. Greenwell.

Halaman:
Sumber Health.com


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com