Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 18:31 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Liburan akhir tahun sudah di depan mata, beragam rencana mungkin sudah kita siapkan. Namun, bagi penyandang diabetes mungkin ada keraguan karena takut tak bisa menikmati makanan selama berlibur.

Meski harus membatasi asupan yang tinggi gula, tetapi sebenarnya ada banyak makanan lezat lain yang bisa dinikmati. Kuncinya adalah moderasi alias makan tidak berlebihan.

Sarah Balko, RD, CDCES seorang pendidik diabetes bersertifikat di Departemen Endokrinologi di Day Kimball Healthcare, memberikan tips agar momen liburan tetap aman, sehat, dan nyaman bagi penyandang diabetes.

Lalu, apa sajakah itu? Simak yang berikut ini.

Baca juga: Mengapa Komplikasi Diabetes Bisa Sebabkan Amputasi Kaki?

1. Jangan lewatkan waktu makan

Kebiasaan untuk melewatkan waktu makan dapat menyebabkan makan berlebihan dan dorongan makan ketika malam hari.

Jika kamu adalah penderita diabetes, kebiasaan menunda makan juga bisa menyebabkan hipoglikemia atau gula darah rendah dan hiperglikemia atau gula darah tinggi.

Untuk menyeimbangkan kalori, sarapan dan makan siang ringan -yang masih termasuk beberapa karbohidrat sehat dan protein tanpa lemak- bisa dilakukan dengan membatasi makanan berlemak dan berkalori tinggi.

2. Tambahkan sayuran

Karena penyandang diabetes tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan, tak ada salahnya bagi mereka untuk membawa bekal sayur atau makanan tinggi serat ketika berpergian.

Selain menambah warna pada makanan, kehadiran sayuran di piring makan bisa menyeimbangkan asupan nutrisi.

Cara ini juga akan membantu penderita diabetes saat menghindari pati berkalori tinggi, yang memiliki dampak negatif lebih besar pada gula darah.

Baca juga: Ketahui Kadar Gula Darah yang Ideal untuk Cegah Diabetes

3. Banyak minum air

Para penyandang diabetes harus banyak minum air untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Jangan sampai mereka terkena dehidrasi.

Namun, batasi minuman yang mengandung gula.

Jika tidak ada air putih, sementara waktu bisa diganti dengan kopi atau teh tanpa gula untuk menghindari kelebihan kalori.

4. Latih pola makan

Momen liburan memang akan terasa menyenangkan bila menyantap berbagai macam hidangan.

Tapi, ingatlah untuk tetap menghindari makanan yang dapat meningkatkan gula darah, seperti roti putih, kentang, jagung, roti gulung, hingga minuman manis. Kalau pun ingin mencicipi, sebaiknya batasi porsinya.

Prioritaskan makanan yang bernutrisi tinggi seperti ikan, daging tanpa lemak, serta buah dan biji-bijian.

Baca juga: 4 Rekomendasi Diet untuk Penderita Diabetes

5. Bersikap realistis

Terlalu berpantang ini-itu mungkin akan terasa menyiksa dan seringkali berakhir dengan kita kalap ingin makan makanan tidak sehat. Cobalah untuk menerapkan mindfulness saat makan dan bersikaplah realistis.

Tidak apa-apa mencicipi beragam kuliner di tempat liburan, tetapi porsinya dibatasi. Kita juga bisa mengimbanginya dengan memperbanyak aktivitas fisik atau berolaraga di sela kegiatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com