Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Jerawat dan Keberanian untuk Tampil Percaya Diri

Kompas.com - 09/12/2021, 08:00 WIB
Spot treatment dalam urutan skincare pagi digunakan secara khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat. PEXELS/ANNA NEKRASHEVICHSpot treatment dalam urutan skincare pagi digunakan secara khusus untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat.

Oleh: Alifia Putri Yudanti & Ristiana Dwi Putri

Jerawat adalah salah satu hal umum yang terjadi di wajah kita. Akan tetapi, beberapa orang menganggap jerawat sebagai bahan olokan yang tanpa disadari dapat menyakiti perasaan para pejuang jerawat.

Seseorang dapat memiliki kondisi jerawat yang berbeda-beda, baik itu ringan atau parah. Akan tetapi, kondisi itu cukup meresahkan karena dapat menurunkan kepercayaan diri penderitanya.

Menurut catatan studi dermatologi kosmetika dalam penelitian Saragih dkk (2016) penderita jerawat di Indonesia meningkat 10 persen dari tahun 2008 menjadi 90 persen pada 2009.

Prevalensi tertinggi berkisar antara 83—85 persen yang terjadi pada perempuan berumur 14—17 tahun. Sementara itu, pada pria berumur 16 - 19 tahun berkisar antara 95 - 100 persen.

Pemicu timbulnya jerawat dapat berasal dari banyak hal, antara lain genetik, aktivitas hormonal, stres, aktivitas kelenjar sebasea yang hiperaktif, kebersihan, makanan, serta penggunaan kosmetik dan produk perawatan kulit wajah.

Dari banyaknya pemicu, penderita jerawat kerap kali menerima rundungan karena diperkirakan memiliki pola hidup yang tidak sehat. Padahal, belum tentu asumsi itu benar.

Perilaku perundungan terhadap penderita jerawat disebut dengan acne shaming. Acne shaming adalah respons negatif, baik verbal atau nonverbal kepada penderita jerawat.

Menurut hasil survei dari Kompas.com, sebanyak 58 persen responden mengaku pernah menerima komentar buruk secara verbal, seperti diejek atau dicemooh.

Sementara itu, untuk nonverbal, sebanyak 38 persen responden pernah dicemooh dengan gestur, tatapan, dan ekspresi wajah yang menunjukkan rasa jijik.

Dampaknya terhadap kesehatan mental

Banyak orang yang ternyata masih belum dapat memahami bahwa acne shaming adalah tindakan yang buruk. Alih-alih membantu menyembuhkan, mereka cenderung mengejek sehingga membuat penderita tertekan. Mirisnya, hal ini lebih sering diutarakan oleh orang terdekat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.