Kompas.com - 09/12/2021, 08:26 WIB
Jika kita memberikan kucing senior makanan anak kucing, mungkin itulah yang menjadi alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering. FREEPIKJika kita memberikan kucing senior makanan anak kucing, mungkin itulah yang menjadi alasan kenapa kucing tidak suka makanan kering.
|
Editor Wisnubrata

 

KOMPAS.com - Siapa sih orang yang tidak senang diberi makanan gratis tanpa perlu berusaha untuk mendapatkan makanan?

Ternyata, perilaku manusia ini juga terlihat pada kucing.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Animal Cognition, ditemukan bahwa kucing lebih senang mendapatkan makanan secara cuma-cuma daripada harus berusaha atau bekerja untuk memeroleh makanan.

Para peneliti dari School of Veterinary Medicine di University of California mengatakan, hasil studi itu terbilang mengejutkan.

Pasalnya, banyak hewan peliharaan justru menikmati saat diminta tuannya melakukan tugas tertentu untuk mendapatkan makanan.

Perilaku hewan yang lebih memilih mendapatkan makanan dengan berusaha ini disebut contrafreeloading.

Baca juga: Kenapa Kucing Tidak Suka Makanan Kering?

Dalam studi ini peneliti melibatkan 17 ekor kucing peliharaan.

Mereka memberikan kucing-kucing itu nampan berisi makanan yang mudah diakses, serta food puzzle yang mengharuskan kucing memecahkan masalah untuk mendapat imbalan.

Ternyata sebagian besar kucing memilih nampan berisi makanan yang bisa diperoleh tanpa usaha, bahkan kucing yang sudah berpengalaman bermain food puzzle sekalipun.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan sebagian besar spesies termasuk burung, tikus, serigala, primata, bahkan jerapah lebih suka "bekerja" untuk mendapatkan makanan."

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.