Kompas.com - 09/12/2021, 09:41 WIB
Ilustrasi bermain dengan hewan peliharaan freepik.comIlustrasi bermain dengan hewan peliharaan

KOMPAS.com - Menyesali kebohongan tidak hanya dialami jika kita berbohong kepada orang lain. Manusia pun bisa merasa menyesal setelah berbohong pada hewan peliharaan. Demikian hasil survei terbaru yang dilakukan oleh OnePoll.

Survei itu menemukan, mayoritas responden merasa tidak enak pada anak-anak bulu (anabul) mereka karena tidak jujur. Sebanyak 80 persen peserta survei mengakui adanya rasa penyesalan.

Para peneliti mensurvei 2.000 pemilik hewan peliharaan. Hasilnya, sekitar 43 persen responden tidak selalu jujur pada hewan peliharaan.

Kemudian, 38 persen responden lainnya mengatakan bahwa mereka berencana mengajak anabulnya berjalan-jalan di taman, meski pada akhirnya hewan itu dibawa ke dokter hewan.

Sekitar 70 persen responden meyakini, hewan peliharaan mereka menyadari jika tuannya berbohong.

Baca juga: Kenali Bahaya Rabies, Hewan Peliharaan Wajib Divaksin

Beberapa orang mengetahui ada hal yang tidak beres pada hewan peliharaan setelah mereka melakukan kesalahan.

Tanda-tanda itu termasuk tidak ingin disentuh (60 persen), bersikap dingin (56 persen), dan pandangan yang diberikan hewan peliharaan (55 persen).

Dari hasil survei, sekitar 69 persen hewan reptil cenderung lebih angkuh ketimbang anjing saat mengetahui tuannya berbohong.

Sementara itu, hewan mamalia besar semacam kuda dan kambing akan lebih menolak camilan dari pemiliknya, dibandingkan hewan peliharaan lain.

Temuan survei juga mengungkap sekitar 57 persen responden mencoba menebus kesalahan pada anabul dengan memberikan camilan ekstra.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.