Kompas.com - 09/12/2021, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Brand sepatu lokal, Brodo merilis produk terbarunya yang mengusung konsep sustainable, VTG V.2 50 Shades of Suede.

Koleksi terbaru ini merupakan hasil olahan bahan kulit sisa industri sepatu yang dikumpulkan dari para pengrajin lokal. Berbeda dari biasanya, Brodo menyediakan sepatu dengan warna pastel yang manis dan trendi.

Sepatu berpotongan high sneaker ini dilengkapi dengan desain hang tag dan bahan suede yang makin menguatkan kesan vintage. Produk tersebut pertama kali dirilis di situs penjualan resmi Brodo pada 5 Desember lalu dengan harga Rp550.000.

Tak butuh waktu lama, ratusan pasang sepatu tersebut langsung ludes terjual. Hanya tersisa beberapa warna lagi dengan ukuran yang tentunya juga terbatas.

Yukka Harlanda, founder Brodo, menjelaskan koleksi sepatu terbaru ini berawal dari semangat sustainability dan kepedulian lingkungan yang belakangan semakin marak.

Sebagai brand yang sudah berjalan hampir sepuluh tahun, Brodo mulai berusaha ikut serta dalam kampanye sosial termasuk menciptakan fashion yang lebih ramah lingkungan.

"Industri sepatu punya waste alias limbah yang banyak banget dan biasanya dibuang atau disalurkan begitu saja, padahal bahan ini kualitasnya tetap bagus," jelasnya ketika berbincang dengan Kompas.com, Kamis (09/12/2021).

Timnya kemudian berusaha mengolah sisa produksi tersebut menjadi produk yang tak kalah berkualitas. Ditonjolkan teknik jahit dan desain ala Brodo yang menjadikannya sukses menarik perhatian konsumen.

Setidaknya ada ribuan lembaran kulit yang berhasil dikumpulkan dari para pengrajin lokal yang selama ini menjadi suplier Brodo. Jumlah kulit yang bisa digunakan sangat banyak karena industri kulit saat ini sedang lesu.

Minat pasar kini didominasi sepatu sneaker sehingga alas kaki berbahan kulit sedang turun penjualannya. Akibatnya,  banyak pengrajin yang kebingungan menyalurkan hasil kerajinannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.