Kompas.com - 09/12/2021, 18:26 WIB
Cara menguatkan mental bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu. UNSPLASH/ZAC DURANTCara menguatkan mental bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu.

KOMPAS.com - Seiring merebaknya pandemi Covid-19, kemampuan kita dalam mengatasi kesulitan dan bangkit kembali ke stabilitas emosional cenderung mengalami gangguan.

Apalagi, banyak dari kita mungkin telah menderita trauma yang signifikan dari penyakit, rawat inap, hingga kematian orang-orang terdekat akibat virus corona.

Belum lagi, ada juga yang kehilangan pekerjaan, mengalami ketidakpastian ekonomi, serta ketidakstabilan keuangan, sehingga kita membutuhkan dukungan emosional yang ekstra.

Menurut seorang psikiater dan dekan di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, Dennis Charney, sebagai manusia kita diberikan kemampuan untuk dapat menahan tekanan-tekanan seperti itu.

Baca juga: 5 Sifat yang Dimiliki oleh Orang Tangguh

"Dan jika kita belum cukup untuk itu, maka kita harus bisa belajar untuk menjadi lebih tangguh dalam tekanan," ujar dia.

Nah, untuk bisa berkembang menjadi sosok yang tangguh memanglah tidak mudah.

Namun, kita bisa menerapkan beberapa tips menjadi orang yang lebih tangguh, seperti yang dilansir dari laman CNN berikut ini.

1. Berusaha menjadi positif

Menjadi seseorang yang optimistis dan positif memang bukanlah sesuatu yang selalu menyenangkan, tetapi ini adalah ciri utama dari orang-orang yang tangguh.

"Orang optimistis yang realistis sangat memerhatikan informasi negatif tentang masalah yang mereka hadapi," kata Charney.

"Namun, tidak seperti orang pesimistis, orang-orang ini tidak tetap fokus pada hal negatif tapi mereka memotong kerugian mereka, dan beralih ke apa yang bisa mereka selesaikan," kata dia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.