Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips "Self Grooming" agar Tubuh Selalu Bersih dan Wangi

Kompas.com - 10/12/2021, 08:16 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kita tentu lebih nyaman berdekatan dengan seseorang yang bersih dan wangi. Tubuh yang bersih dan terawat juga akan meningkatkan kepercayaan diri kita. 

Karena itu, apa pun gender kita, melakukan self-grooming sangat penting supaya kita nampak sehat, bugar, dan nyaman untuk dilihat orang lain. Kita bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah sebagai bagian dari gaya hidup.

Nah berikut ini, ada beberapa tip yang harus diketahui tentang self grooming yang harus diperhatikan setiap orang. 

Untuk kulit sehat dan glowing

Meskipun membersihkan wajah dua kali sehari adalah hal yang mudah, kita tetap tidak boleh melewatkannya. Gunakan skincare dasar, seperti pelembab dan sunscreen setiap hari, dan ditambah oleh produk serum yang fokus pada masalah kulit kita.

Baca juga: Bangun dengan Kulit Glowing dan Pikiran Segar, Mau Tahu Rahasianya?

Agar kulit sehat, imbangi dengan nutrisi yang baik. Konsumsi buah dan sayuran yang sarat vitamin dan cukup minum air.

Jangan berkompromi dengan jadwal tidur. Kulit akan terlihat kusam jika kita sering begadang. Tidurlah selama tujuh hingga delapan jam tanpa gangguan. Jangan lupa untuk selalu tidur menggunakan sprei dan selimut bersih untuk menghindari timbulnya jerawat, ruam kulit, atau masalah pernapasan.

Agar rambut tetap indah

Jika malas merawatnya, sebaiknya pilih gaya rambut pendek dan sesuai dengan wajah dan gaya hidup kita. 

Kedua, keramas dan kondisikan rambut dengan produk berkualitas baik setidaknya dua atau tiga kali seminggu, tergantung pada kadar lemak atau kelembapan rambut. Selalu gunakan sisir yang tepat untuk menghindari kerusakan rambut, dan jangan lupa mengolesi masker pada rambut untuk memasok nutrisi yang diperlukan ke akar rambutnya.

Baca juga: Benarkah Hair Oil Atasi Rambut Rontok? Ini Mitos dan Faktanya

Tetap segar dan wangi

Aturan pertama kebersihan yang baik adalah mandi teratur. Mandilah secara teratur. dibarengi dengan body wash yang harum untuk meremajakan tubuh dan pikiran. Sebaiknya gunakan air dingin agar kulit tidak kering.

Gunakan wewangian dengan aroma yang halus dan lembut yang dapat meningkatkan keharuman tubuh ketimbang parfum yang terlalu kuat. Semprot di bagian nadi dan gunakan aroma yang mirip antara parfum dan body lotion agar wanginya tahan lebih lama.

Baca juga: 7 Tips Agar Aroma Parfum Lebih Tahan Lama

Kuku menggambarkan dirimu

Saat berjabat tangan atau sekadar mengobrol, secara tidak sengaja, lawan bicara biasanya akan memperhatikan kita. Jadi, jagalah kebersihan agar tangan terawat.

Potong, kikir, dan bersihkan kuku secara teratur untuk menghindari situasi yang memalukan. Hal yang sama juga berlaku untuk kuku kaki yang mungkin terlihat saat mengenakan jenis sepatu tertentu. Jika bisa, lakukan manikur dan pedikur tangan dan kuku kaki setiap dua minggu agar tetap bersih dan cantik.

Pakaian dan sepatu

Mengenakan sepatu dan pakaian mahal tidak ada hubungannya soal kebersihan, hanya pakaian bersih yang diperlukan. Jadi, kenakan pakaian dan alas kaki yang bersih, nyaman, dan sesuai dengan situasi agar terlihat segar dan canggih.

Ingat, penampilan akan menggambarkan diri kita. Jadi, pastikan pakaian telah disetrika dengan benar dan buat sepatu serta kaus kaki nampak segar dan rapi.

Baca juga: Cara Mengatasi Masalah Keringat dan Bau Badan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com