Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/12/2021, 09:05 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dapat membantu organ tersebut lebih kuat dan sehat.

Sebab, jantung adalah otot, yang juga akan lebih kuat jika kita menerapkan pola hidup aktif.

Untuk menguatkan dan menyehatkan jantung, kita tak harus menjadi atlet. Olahraga sederhana yang dijalankan secara rutin sekalipun, seperti jalan cepat setiap hari, dapat memberikan dampak nyata.

Menurut WebMD, orang-orang yang tidak berolahraga berisiko hampir dua kali lipatnya mengalami penyakit jantung daripada individu yang aktif.

Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung juga memiliki sejumlah manfaat lain, seperti membantu membakar kalori, menurunkan tekanan darah, serta mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik).

Berapa lama kita perlu menjalankan olahraga yang baik untuk kesehatan jantung?

Menurut jurnal Circulation, Laporan Surgeon General AS tentang Aktivitas Fisik dan Kesehatan, konsensus Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) bersama American College of Sports Medicine (ACSM), serta laporan Institut Kesehatan Nasional AS (NIH) sepakat bahwa manfaat olahraga yang baik untuk kesehatan jantung umumnya bisa didapatkan dengan melakukan setidaknya 30 menit aktivitas sederhana dalam sebagian besar hari dalam seminggu.

Aktivitas sederhana maksudnya aktivitas yang mirip sengan jalan cepat, dengan kecepatan sekitar 4,8 hingga 6,4 kilometer per jam.

Aktivitasnya bisa mencakup segala bentuk kegiatan yang bersifat dinamis dan dengan intensitas yang sama, seperti bersepeda, berkebun, dan berenang.

Durasi 30 menit itu bisa berupa akumulasi aktivitas fisik. Artinya, kita boleh saja membaginya ke sesi-sesi yang lebih kecil, misalnya tiga kali 10 menit dalam sehari.

Jika baru berencana memulai aktivitas fisik, mulailah dari durasi dan intensitas yang paling nyaman untuk kita lalu tingkatkan secara bertahap.

Baca juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Penderita Sakit Jantung

Olahraga yang baik untuk kesehatan jantung

Berikut tiga jenis olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan dapat kita coba praktikkan secara rutin:

Latihan aerobik adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan sirkulasi darah.FREEPIK/MARYMARKEVICH Latihan aerobik adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Latihan aerobik adalah salah satu olahraga yang baik untuk kesehatan jantung karena membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Ahli fisiologi olahraga dari Johns Hopkins, Kery J Stewart, Ed.D mengatakan, Hal itu pada akhirnya menghasilkan penurunan tekanan darah dan detak jantung.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com