Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pesan Singkat yang Bisa Dikirim untuk "Si Tukang Ghosting"

Kompas.com - 10/12/2021, 11:41 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber PureWow

KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita mungkin telah akrab dengan istilah ghosting, -sebuah kondisi yang kerap terjadi dalam hubungan percintaan.

Di mana, orang yang sedang berkencan atau melakukan pendekatan (PDKT) dengan kita tiba-tiba menghilang tanpa ada kabar maupun komunikasi lebih lanjut.

Menurut seorang pakar hubungan dan terapis dari HLW Therapy, Hilary Weinstein, ketika seseorang melakukan ghosting, tandanya dia tidak tertarik atau tidak ingin berkencan lagi dengan kita.

Baca juga: Pelaku Ghosting Mendadak Datang Lagi, Begini Cara Meresponsnya

Faktanya, apa pun alasan orang melakukan ghosting sangat membuat frustrasi, karena kita jadi bertanya-tanya tentang kesalahan atau hal-hal apa yang membuat orang itu pergi tanpa ada kejelasan.

"Ghosting juga sering kali memulai spiral narasi dari self-talk negatif, rasa tidak aman, dan interaksi berulang untuk mencoba menebak apa yang salah atau tidak cukup," ujar Weinstein.

Inilah sebabnya, kita pasti memiliki dorongan yang kuat untuk mengirim pesan singkat setelah kita merasa telah di-ghosting oleh seseorang.

Nah, bagi kamu yang sedang merasa di-ghosting, mungkin bisa mengirimkan beberapa pesan singkat yang ditujukan pada "si tukang ghosting".

1. "Hei, apakah kamu baik-baik saja?"

Pakar hubungan, Claire AH, mengatakan, pesan singkat dan langsung adalah respons yang tenang, serta berintensitas rendah untuk tidak menarik perhatian pada masalah ghosting.

Semuanya tetap ringan dan terbuka.

Mengajukan pertanyaan seperti ini juga menunjukkan bahwa kita sudah dewasa dan mungkin tidak merasa panik.

"Meskipun ghosting itu tidak pantas mendapatkan kesabaran atau keramahan, jika kita menginginkan tanggapan, kita perlu mendekati situasi dengan cara ini," kata dia.

Namun, apabila kita tidak mendapat tanggapan, anggap ini kencan yang terburuk dan jangan melanjutkannya lagi.

2. "Hei, kupikir kita memulai dengan luar biasa, tapi kamu menghilang. Aku harap semuanya baik-baik saja. Aku ingin tahu apa yang terjadi, baik atau buruk?"

Ini adalah pesan yang kita kirim ketika kita benar-benar merasakan hubungan yang serius dan merasa terkejut dengan ghosting tersebut.

Tetapi, perlu kita mengetahui bahwa ini adalah pesan singkat yang rentan, dan kita mungkin tidak akan menyukai balasannya.

Baca juga: Populer di Dunia Kencan, Apa itu Ghosting?

"Jika hubungan itu terasa menyenangkan, kita dapat mengakui dalam sebuah pesan bahwa kita senang mengenalnya dan menghabiskan waktu bersamanya."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com