Kompas.com - 10/12/2021, 17:11 WIB

KOMPAS.com - Untuk memancing rasa kantuk dan tidur nyenyak, banyak orang mengandalkan obat tidur. Walau bisa dengan cepat membuat tertidur, tetapi obat tidur memiliki beragam efek samping. 

Sebenarnya kita bisa memiliki tidur yang nyenyak tanpa bantuan obat. Ada beberapa minuman rumahan yang bisa membuat kita tertidur.

1. Teh chamomile

Di urutan pertama minuman yang bisa kamu nikmati di rumah agar bisa tertidur pulas adalah teh chamomile.

Teh chamomile yang teh herbal karena kaya akan antioksidan dan memiliki efek menenangkan yang memicu kantuk dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Selain khasiat untuk membantu seseorang tidur nyenyak, teh chamomile juga membantu menjaga masalah jantung dan menurunkan risiko kanker.

Agar rasanya lebih nikmat, teh chamomile bisa dipadukan dengan madu, jahe, daun mint, dan apel. Teh ini juga cocok diseduh dengan kayu manis dan sedikit sirup maple.

Baca juga: Manfaat Teh Chamomile, Obat Tidur yang Ampuh

2. Susu dengan kunyit

Susu menjadi sumber kalsium dan asam amino triptofan dalam jumlah besar, yang dapat diubah menjadi melatonin, hormon yang membuat seseorang bisa mengantuk.

Di sisi lain, kunyit yang pada dasarnya merupakan bahan makanan dapat membantu pencernaan dan dikenal karena sifat anti-inflamasinya.

Dengan perpaduan susu hangat dan kunyit, kamu bisa membuat minuman di malam hari yang sempurna.

3. Jus ceri asam

Sebuah studi yang dilakukan oleh American Journal of Therapeutics menunjukkan minum jus ceri asam dapat mengurangi insomnia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.