Kompas.com - 11/12/2021, 15:38 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mengungkapkan kata-kata yang positif terhadap diri sendiri atau afirmasi positif ternyata memiliki banyak manfaat seperti mengatasi keraguan dan ketakutan diri.

Seorang psikolog, Lauren Alexander, PhD, mengungkapkan bahwa afirmasi positif setiap hari dapat membantu kita menghadapi dunia dengan keyakinan pada diri sendiri dan kemampuan kita.

Maka, penting sekali untuk mengatasi pikiran negatif yang terkadang mengambil alih dan membuat kita meragukan diri sendiri.

"Kita hidup dalam masyarakat di mana mudah terjebak dengan banyak hal negatif," kata Alexander.

"Afirmasi positif adalah cara untuk membantu mengeluarkan sebagian dari hal negatif itu dalam hal-hal positif yang kita katakan kepada diri kita sendiri," sambung dia.

Baca juga: Pentingnya Berpikir Positif untuk Pengembangan Diri

Cara memilih afirmasi positif

Tidak ada satu cara yang sama dalam mempraktikkan afirmasi positif. Jadi, kita harus mencari tahu sendiri mana yang terasa tepat bagi kita.

Namun, Alexander membagikan beberapa tips mempraktikkan afirmasi positif yang tepat bagi diri kita sebagai berikut.

1. Hindari toxic positivity

Menerapkan afirmasi positif dalam kehidupan kita bukan berarti menyangkal kesulitan hidup kita atau dunia di sekitar kita.

"Berdiri di depan cermin dan berkata, 'Kamu luar biasa' dan 'Kamu cantik,' bisa terasa sangat tidak autentik," ungkap Alexander.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.