Kompas.com - 12/12/2021, 14:16 WIB
ilustrasi healthy food atau makanan sehat. SHUTTERSTOCK/TB studioilustrasi healthy food atau makanan sehat.

KOMPAS.com - Banyak hal dalam hidup kita yang akan berubah setelah kita menginjak usia 50 tahun ke atas yang mungkin memengaruhi betapa sulitnya mendapatkan tubuh langsing.

Faktanya, seiring bertambahnya usia, kita akan mulai kehilangan massa otot yang dapat menyebabkan metabolisme tubuh kita menjadi lebih lambat. 

Ditambah lagi, kebiasaan makan yang buruk dan penuh dengan kalori dapat meningkatkan berat badan karena kemampuan tubuh memproses makanan-makanan ini sudah tidak sebaik waktu kita masih lebih muda.

Baca juga: Sindrom Inflamasi Multisistem pada Anak yang Terinfeksi Covid-19

Nah, para ahli pun membagikan beberapa tips mengenai kebiasaan makan yang sehat supaya tubuh kita tetap langsing setelah berusia 50 tahun.

1. Belajarlah untuk mengenali rasa lapar fisik

"Kembangkan keterampilan makan intuitif dengan belajar mengenali rasa lapar fisiologis yang sebenarnya dan bagaimana hal itu berbeda dari rasa lapar emosional,"

kata seorang ahli gizi dari Waistline Dietitian, Laura Krauza MS, RDN.

Dia pun merekomendasikan kita untuk melakukannya dengan membentuk kebiasaan makan setiap tiga hingga empat jam dan memastikan untuk memasukkan makanan kaya protein setiap kali makan sepanjang hari.

Sebab, protein dicerna lebih lambat daripada karbohidrat yang menjaga rasa lapar lebih lama bahkan ketika kita stres, sehingga kita mungkin akan mencapai perbaikan emosional yang lebih baik.

2. Mengurangi karbohidrat

Menurut ahli diet untuk Wellness Verge, Ana Reisdorf, MS, RD, ketika kita berusia 40 tahun dan memasuki usia 50-an, tampaknya segalanya mulai berantakan.

Misalnya, hormon kita akan menjadi aneh, tidur menjadi kacau, dan kita mulai menambah berat badan di area yang belum pernah kita alami sebelumnya.

Baca juga: Tips Langsing ala Meghan Markle, Mudah Dipraktikkan

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.