Kompas.com - 12/12/2021, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Selama ini mungkin kita tahu bahwa minum kopi dapat memberikan energi untuk memulai hari.

Namun, tak hanya itu, kopi juga ternyata mampu meningkatkan kinerja kita saat berolahraga.

Dengan cara yang sama seperti mengonsumsi suplemen protein sebelum olahraga, kopi dapat membantu kita melakukan beberapa repetisi dan latihan ekstra di akhir sesi.

Faktanya, kafein di dalam kopi terbukti meningkatkan kinerja dalam olahraga, kekuatan, latihan intensitas tinggi, dan sprint.

Bahkan, minuman ini dapat membantu pemulihan saat dikonsumsi setelah berolahraga.

Baca juga: 9 Ide Makanan Pendamping Kopi

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Brasil, atlet yang mengonsumsi kopi mengangkat 11 persen lebih banyak pada bench press daripada kelompok responden lain.

Sementara itu, studi lain juga menemukan bahwa kopi secara signifikan meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas yang diukur dengan maksimal satu repetisi.

Selsin itu, kopi telah terbukti menciptakan interaksi yang lebih menguntungkan antara sel-sel otak dan otot.

Sehingga, minum kopi sebelum berolahraga memberikan hasil yang sama kepada atlet seperti jika mereka melakukan latihan berulang kali dan hal itu dapat meningkatkan produksi kekuatan.

Cara terbaik minum kopi sebelum olahraga

Meskipun kopi sebenarnya bekerja dengan cukup baik, tapi ada beberapa masalah yang mungkin kita alami jika mengonsumsinya secara berlebihan seperti merasa cemas, insomnia, lekas marah, detak jantung yang cepat, dan sebagainya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.