Kompas.com - 12/12/2021, 17:00 WIB

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan yang sehat memang menjadi kunci untuk bikin kita lebih awet muda.

Namun, di samping itu, berolahraga secara rutin juga mampu memperlambat proses penuaan.

Banyak penelitian telah memberi tahu kita bahwa olahraga dapat membantu menjaga otak tetap muda dan bahkan beberapa penelitian lainnya menunjukkan latihan kardio dapat membuat kulit tetap bersinar.

Kita mungkin tidak dapat sepenuhnya menghentikan penuaan, tetapi olahraga memungkinkan kita untuk setidaknya menundanya sebentar.

Baca juga: 10 Kebiasaan Buruk yang Picu Penuaan Dini

Untungnya, ada sejumlah cara sederhana untuk memasukkan lebih banyak olahraga ke dalam hidup supaya kita bisa menuai manfaat awet muda.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah beberapa trik olahraga yang bisa kita coba dalam meningkatkan umur panjang dan memperlambat penuaan.

1. Masukkan beberapa "exercise snack" ke dalam rutinitas

Bagi yang tidak punya banyak waktu untuk melakukan latihan secara penuh, kita bisa menikmati beberapa "exercise snack" ke dalam rutinitas olahraga sepanjang hari.

Exercise snack sendiri merupakan bentuk olahraga singkat dan mudah yang memberi kita manfaat yang sama seperti olahraga yang lebih lama dan berkelanjutan.

Studi yang diterbitkan dalam Applied Physiology, Nutrition and Metabolism melaporkan, hanya berlari tiga kali menaiki tangga tiga kali sehari sudah cukup untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan umur panjang secara keseluruhan.

"Temuan ini membuat lebih mudah bagi orang untuk memasukkan exercise snack ke dalam hari mereka."

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.