Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Waktu Terbaik Memakai Masker Wajah Kecantikan

Kompas.com - 12/12/2021, 17:09 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Kapan waktu terbaik memakai masker wajah akan menentukan efektivitasnya terhadap kulit kita.

Menggunakan masker wajah dalam kondisi kulit belum bersih, misalnya, bisa membuat kandungan skincare dalam masker tidak terserap dengan baik ke kulit karena adanya kotoran dan minyak di wajah.

Selain itu, menggunakan masker wajah di siang hari mungkin tak seefektif jika digunakan di malam hari karena kita masih melakukan banyak aktivitas.

Meskipun, waktu terbaik memakai masker wajah sebetulnya tak melulu soal waktunya, tapi juga ditentukan oleh tipe masker wajah yang digunakan dan tipe kulit wajah.

Ketika memilih masker wajah, carilah produk yang bisa membantu mengatasi masalah kulit yang sedang kita hadapi.

Melansie Byrdie, kulit berminyak, misalnya, dianjurkan memilih masker wajah dengan kandungan seperti charcoal, retinol, atau clay yang dapat membantu mengangkat kelebihan minyak di kulit.

Sedangkan kulit dehidrasi (kurang air) atau kering (kurang minyak) bisa memilih masker dengan kandungan yang dapat menghidrasi kulit seperti lidah buaya, chamomile, dan ceramide.

Baca juga: 4 Kesalahan Mengaplikasikan Masker Wajah, Apa Saja?

Kapan waktu terbaik memakai masker wajah?

Kapan waktu waktu terbaik memakai masker wajah tetaplah malam hari. Tapi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan selain kapan waktu terbaik memakai masker wajah adalah memastikan jenis dan kandungan masker yang kita gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan kulit.PEXELS/GUSTAVO FRING Kapan waktu waktu terbaik memakai masker wajah tetaplah malam hari. Tapi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan selain kapan waktu terbaik memakai masker wajah adalah memastikan jenis dan kandungan masker yang kita gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan kulit.
Setelah mengetahui jenis masker wajah sesuai kebutuhan kulit, saatnya mencari tahu, kapan waktu terbaik memakai masker wajah?

Menurut Healthline, jika memiliki kulit kering lebih dianjurkan mengunakan masker wajah sebelum mandi. Hal ini dilakukan untuk mengunci kelembapan yang didapatkan dari menggunakan masker dan mandi.

Pastikan melanjutkannya dengan menggunakan pelembap kaya emolien segera setelah mandi.

Sementara jika memiliki jenis kulit selain kulit kering, menggunakan mud atau charcoal mask, sheet mask, dan overnight mask dianjurkan untuk menggunakan masker wajah setelah mandi.

Mandi terlebih dahulu, terutama jika menggunakan air hangat, memungkinkan pori-pori kulit terbuka sehingga lebih siap untuk metode pembersihan wajah yang lebih dalam.

Adapun overnight mask, seperti namanya, adalah masker yang digunakan semalaman selama kita tidur. Untuk itu, penggunaannya sebaiknya dilakukan terakhir, setelah kita mengaplikasikan tahapan skincare lain. Biasanya, pada urutan yang sama seperti pengaplikasian pelembap.

Meski sering kali disertakan sebagai bagian dari rutinitas skincare malam hari, namun ada manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan masker di pagi hari.

Melansir Refinery29, memakai masker wajah di pagi hari membantu kulit mendapatkan hidrasi dasar yang dibutuhkan.

Dokter kulit sekaligus pendiri Spesific Beauty Skincare, Heather Woolery Lloyd, MD mengatakan, ini mirip seperti penggunaan primer, yang ditujukan untuk mempersiapkan kulit dan memberi hisrasi, sekaligus membuat kulit jadi kencang untuk sementara dan membuat pori-pori menjadi kecil.

Meski begitu, kapan waktu waktu terbaik memakai masker wajah tetaplah malam hari.

Tapi, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan selain kapan waktu terbaik memakai masker wajah adalah memastikan jenis dan kandungan masker yang kita gunakan sudah sesuai dengan kebutuhan kulit.

Baca juga: Waspadai Risiko Kunyit untuk Masker Wajah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com