Kompas.com - 12/12/2021, 20:58 WIB

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, banyak orang mengaku telah merefleksikan diri dan menemukan makna baru dalam hidup mereka.

Tetapi, bagi sebagian orang, refleksi ini tampaknya telah mengakibatkan mereka berhenti dari pekerjaan (resign) atau pun pensiun.

Memang, pencarian manusia akan makna hidup sangat terkait pada hubungan kita dengan pekerjaan.

Pada tahun 2018, misalnya, sebanyak 4.867 orang dewasa di American Trends Panel menjawab pertanyaan terbuka tentang apa yang membuat hidup mereka bermakna.

Sumber makna teratas menurut penilaian ini adalah keluarga, dengan 69 persen menyebutkan keluarga dalam tanggapan mereka terhadap pertanyaan tersebut.

Baca juga: Mencari Makna Hidup Lewat Konsep Ikigai

Kemudian diikuti oleh 34 persen yang menyebut mereka sebagai sumber makna dalam hidup mereka.

Peneliti perkembangan manusia di Harvard University and the Center for Public Leadership di Harvard Kennedy School, Ayse Yemiscigil, PhD, memberikan pandangannya tentang hal ini.

Dia mengatakan, pekerjaan bisa mengatur hidup kita dengan memberikan tujuan jangka pendek hingga jangka panjang, seperti memajukan karier kita.

"Pekerjaan juga mengelilingi kita dengan orang-orang dan membantu kita memainkan peran kita dalam membuat kita berfungsi di tengah masyarakat, serta berkembang," kata dia.

Dalam penelitiannya, Yemiscigil dan rekan-rekannya pun menguji bagaimana tujuan hidup orang berubah setelah pensiun — salah satu transisi hidup yang paling penting — yang melibatkan penarikan substansial dari pekerjaan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.