Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Harnaaz Sandhu yang Membawanya Sukses Raih Miss Universe 2021

Kompas.com - 13/12/2021, 14:09 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber NDTV

KOMPAS.com - Harnaaz Sandhu, gadis berusia 21 tahun asal India baru saja dinobatkan sebagai Miss Universe 2021.

Gelar bergengsi itu diraihnya dalam malam final kontes kecantikan sejagat yang digelar di Israel, Minggu (12/12/2021), waktu setempat.

Ia mengalahkan 79 kontestan lainnya dalam berbagai babak kompetisi tersebut, termasuk sesi pakaian renang, gaun pesta dan wawancara mendalam.

Harnaaz Sandhu yang memiliki profesi sebagai aktris dan model ini menjadi wanita ketiga India yang meraih gelar Miss Universe.

Mahkota serupa sebelumnya pernah dikenakan oleh Sushmita Sen tahun 1994 and Lara Dutta pada tahun 2000. Keduanya kini dikenal sebagai aktris ternama di Bollywood dan membintangi sejumlah film populer.

Baca juga: Mengenal Harnaaz Sandhu, Miss Universe 2021 dari India

Pesan Miss Universe 2021, Harnaaz Sandhu untuk wanita muda di dunia

Kemenangan Harnaaz Sandhu sebagai Miss Universe 2021 tak hanya didukung oleh kecantikannya. Ia juga dikenal memiliki kepedulian yang tinggi untuk sejumlah isu pemberdayaan perempuan termasuk dalam karier, pendidikan dan kebebasan untuk memilih.

Sejumlah isu tersebut memang masih jadi permasalahan sosial di masyarakat India, yang didominasi budaya patriarki. Selain itu, ia juga kerap terlibat dalam aktivisme yang erat kaitannya dengan kesehatan maupun isi pemanasan global.

Wanita yang kini tengah menjalani studi master administrasi publiknya ini kerap terlibat dalam berbagai kegiatan advokasi dan amal. Misalnya saja memberikan dukungan pada Smile Train, badan amal yang fokus memberikan operasi gratis bibir sumbing di India.

Inspirasi terbesarnya didapatkannya dari ibunya, Ruby Sandhu, yang merupakan ginekolog. Profesi tersebut masih tergolong jarang meskipun sangat dibutuhkan di India.

Baca juga: Harnaaz Sandhu dari India Dinobatkan Jadi Miss Universe 2021

Wawasan dan kepedulian Harnaaz Sandhu yang tinggi dalam sejumlah isu krusial tersebut juga tergambar di malam final Miss Universe 2021 kemarin.

Steve Harvey, yang menjadi pembawa acara, memberikan pertanyaan terakhir sebelum juri memutuskan juaranya.

“Saran apa yang akan Anda berikan kepada wanita muda yang menonton tentang bagaimana menghadapi tekanan yang mereka hadapi hari ini?," ujar pria yang sempat memicu kontroversi di malam final Miss Universe 2019 lalu itu.

Harnaaz Sandhu menjawab pertanyaan tersebut sekaligus sebagai pesan untuk para wanita muda lainnya di seluruh dunia.

Menurutnya, tantangan terbesar yang dihadapi kaum muda saat ini adalah minimnya kepercayaan pada dirinya sendiri.

"Mengetahui bahwa Anda unik membuat Anda cantik. Berhentilah membandingkan diri Anda dengan orang lain dan mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia," jawabnya.

Ia mengajak seluruh anak muda untuk lebih aktif dengan keluar dan bicara untuk kepentingan dirinya.

Baca juga: Ajang Miss Universe Tahun Ini Digelar Bulan Desember

"Keluarlah, bicaralah sendiri, karena Anda adalah pemimpin hidup Anda. Anda adalah suara Anda sendiri. Saya percaya pada diri saya sendiri dan itulah mengapa saya berdiri di sini hari ini.”

Dengan jawaban ini, Harnaaz Sandhu agaknya sukses memukai para juri Miss Universe 2021 malam itu sekaligus menyampaikan pesan positifnya untuk seluruh warga dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com