Kompas.com - 13/12/2021, 15:25 WIB

KOMPAS.com - Ada sejumlah faktor yang bisa mengganggu kesehatan manusia, baik yang tidak bisa diubah seperti keturunan, atau yang dapat diubah. Gaya hidup merupakan faktor yang bisa diubah yang lebih berpengaruh pada status kesehatan.

Banyak orang seringkali tidak menyadari gaya hidupnya bermasalah. Mereka kerap mengabaikan risiko kesehatan jangka panjang dari perilakunya sehari-hari.

Alhasil, ketika memasuki usia lanjut, berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit kronis, mulai dirasakan banyak orang.

Padahal, kebiasaan sehat membantu seseorang agar terhindar dari penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

Kebiasaan hidup tidak sehat

Agar tidak mengalami gangguan kesehatan ketika usia lanjut, ada beberapa kebiasaan hidup yang harus kamu hentikan ketika masih berusia muda.

1. Terisolasi dari lingkungan sosial

Kesepian dapat menimbulkan perasaan sedih. Apalagi, jika seseorang sampai terisolasi secara sosial. Itu sebabnya jangan remehkan pentingnya menjalin pertemanan.

Para ahli mengatakan kesepian menyebabkan respons stres inflamasi di seluruh tubuh melemahkan sistem kekebalan dan merusak ketahanan seseorang terhadap penyakit kronis.

Baca juga: 13 Kebiasaan Penyebab Daya Ingat Menurun

2. Tidak mengutamakan kualitas tidur

Tidur merupakan kesempatan bagi berbagai sistem tubuh utama untuk menyegarkan dan mengatur ulang fungsinya, termasuk jantung, otak, dan sistem kekebalan.

Apabila kurang tidur, maka sistem tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk menyegarkan dan mengatur ulang fungsinya.

Makin banyak penelitian membuktikan buruknya kualitas tidur bisa menimbulkan berbagai penyakit serius, termasuk kanker, penyakit jantung, dan demensia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.