Kompas.com - 13/12/2021, 16:07 WIB

KOMPAS.com - Berbelanja adalah aktivitas yang amat menyenangkan, khususnya ketika banjir promo menarik seperti diskon 12.12.

Ketika dilakukan, belanja bisa terasa sangat menggembirakan khususnya untuk menyalurkan stres dan keinginan yang sudah lama terpendam.

Namun ada yang kemudian merasakan penyesalan setelah pembelian dilakukan dan barang akhirnya diterima. Apalagi jika ternyata uang yang dihabiskan cukup banyak akibat kita kalap ketika belanja.

Baca juga: Survei: 73 Persen Konsumen RI Menilai Belanja Online Lebih Mudah Dibandingkan Belanja di Toko

Perilaku ini juga termasuk ketika kita baru melakukan pembelian besar seperti rumah, mobil atau berinvestasi dalam jumlah besar.

Perasaan menyesal itu dikenal pula dengan istilah buyer's remorse, efek samping yang sangat umum dirasakan ketika kita sudah menghabiskan banyak uang untuk sesuatu. Terlepas apakah barang tersebut benar-benar kita butuhkan atau hanya sekedar diinginkan.

Penyesalan itu dianggap berkaitan dengan disonansi kognitif. Pembelian besar, atau kebiasaan menghabiskan banyak uang dalam satu waktu, bertentangan dengan ajaran umum finansial selama ini sehingga cenderung memicu perasaan negatif.

Dr Art Markman, seorang profesor di University of Texas, mengatakan penyesalan ini ada hubungannya dengan dua sistem terpisah yang membimbing kita.

Pertama adalah sistem penghindaran, yaitu naluri yang menyuruh kita untuk menghindari hal-hal seperti utang.

 

Sistem lainnya adalah pendekatan, yang lebih berbasis impuls dan mendorong kita untuk membuat keputusan yang mengubah hidup dan perilaku impulsif lainnya.

Baca juga: Agar Tidak Boros, Yuk Lakukan 6 Hal Berikut

Pada dasarnya, berbelanja atau menghabiskan uang menjadi suatu kebutuhan atau keinginan, tergantung kita. Selama kita membelanjakan uang sesuai kemampuan tanpa berhutang, tidak ada alasan untuk kecewa atau merasa menyesal melakukannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.