Kompas.com - 13/12/2021, 18:18 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Bagi penggemar sejati Harry Potter, rasanya mengeluarkan miliaran rupiah untuk membeli buku karangan JK Rowling bukanlah masalah besar.

Baru saja, edisi pertama buku Harry Potter and the Philosopher's Stone terjual seharga 471.000 dollar AS atau sekitar Rp 6,7 miliar dalam acara yang diadakan rumah lelang Heritage Auctions.

Edisi pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone ini merupakan salah satu dari 500 buku versi hardback (cover tebal di bagian belakang) yang dicetak dan diterbitkan pada 1997.

Penawaran untuk buku tersebut dibuka dari angka 75.000 dollar AS (setara Rp 1 miliar). Namun, nilai buku itu terus melonjak.

"Buku ini adalah karya fiksi abad ke-20 termahal yang pernah dijual secara komersial."

Begitu pernyataan executive vice president Heritage Auctions, Joe Maddalena.

"Penjualan buku ini menunjukkan kekuatan kombinasi antara sastra dan sinema Harry Potter."

Tidak hanya buku Harry Potter edisi pertama, dalam acara itu pengunjung juga dapat menawar 70 edisi pertama dari karya sastra lain yang diadaptasi menjadi film.

Beberapa karya yang dimaksud mencakup trilogi The Lord of the Rings karangan J.R.R Tolkien, dan tujuh buku Chronicles of Narnia karya C.S Lewis.

Masing-masing karya sastra tersebut terjual seharga 103.125 dollar AS (setara Rp 1,47 miliar) dan 100.000 dollar AS atau lebih kurang Rp 1,43 miliar.

Ini bukan kali pertama buku Harry Potter and the Philosopher's Stone edisi kesatu terjual dengan nilai tinggi.

Awal tahun ini, salinan Harry Potter and the Philosopher's Stone lain terjual seharga 138.000 dollar AS (sekitar Rp 1,9 miliar).

Baca juga: Pria Bernama Harry Potter Jual Edisi Langka Harry Potter and The Philosophers Stone


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.