Kompas.com - 13/12/2021, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Hubungan yang langgeng butuh banyak usaha dari masing-masing pihak, termasuk kemauan untuk saling memberikan dukungan.

Namun, untuk memberikan dukungan yang berkualitas, seseorang perlu memberikan perhatian yang cermat, peka saat pasangan memang sedang butuh dukungan, serta melakukannya dengan cara yang tepat waktu dan sensitif.

Hal tersebut akan sulit dilakukan jika salah satunya mengalami masalah psikologis seperti stres, kecemasan, bahkan depresi.

"Stres terutama stres kronis memang tak hanya memengaruhi kesehatan fisik dan mental kita, tetapi juga memengaruhi kemampuan kita untuk memberikan dukungan kepada pasangan," kata psikolog Arash Emamzadeh.

Jika ini yang terjadi, maka pasangan akan merasa diabaikan dan tidak didukung. 

Baca juga: Cegah Konflik, Ini 3 Cara Meminta Maaf pada Pasangan

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Personality and Social Psychology Bulletin edisi November 2021 meneliti efek stres pada dukungan dalam hubungan percintaan, khususnya pernikahan.

Temuan dari studi tersebut juga menyimpulkan bahwa stres memengaruhi kesadaran atau kepekaan terhadap kebutuhan pasangan untuk didukung.

Efek stres pada penyediaan dukungan dalam pernikahan

Hasilnya menunjukkan bahwa suami yang stres kronis cenderung tidak bisa merasakan perubahan sehari-hari dalam kebutuhan istri mereka akan dukungan.

Data tersebut juga mengungkapkan perbedaan antara stres kronis dan stres harian.

"Stres kronis dapat menurunkan persepsi suami tentang kebutuhan pasangan mereka akan dukungan. Namun, stres harian tidak," ungkap Arash.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.