Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Elon Musk, Ini Deretan Tokoh Paling Berpengaruh Selama 2021

Kompas.com - 14/12/2021, 11:11 WIB
Sekar Langit Nariswari,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Elon Musk baru saja dinobatkan sebagai Person of the Year 2021 versi Majalah Time.

Gelar ini memang amat bergengsi karena menandakan pengaruhnya yang besar terhadap umat manusia selama tahun 2021. Namun pengusaha berusia 50 tahun ini bukan satu-satunya yang memiliki dampak masif tersebut.

Digelar pertama kali tahun 1927, Majalah Time kini telah mengembangkan tradisi "Person of the Year" dengan memberikan kategori tambahan di bidangnya masing-masing.

Penyanyi pop, Olivia Rodrigo dinobatkan sebagai Entertainer of the Year dan atlet senam indah AS, Simone Biles terpilih sebagai Athlete of the Year.

Gelar bergengsi lainnya, Heroes of The Year atau juga disebut Guardian, diberikan kepada sejumlah ilmuwan yang berjasa menciptakan vaksin Covid-19 berbasis mRNA. Para ilmuan tersebut adalah Katalin Kariko, Barney Graham, Kizzmekia Corbett, dan Drew Weissman.

Untuk lebih jelasnya, kenali lebih jauh sosok mereka dan kiprah besarnya di bidang masing-masing.

Elon Musk

Elon Musk meraih gelar paling bergengsi Person of the Year, menggantikan Joe Biden dan Kamala Harris tahun lalu.

Dengan kekayaan 300 miliar dollar AS, ia dianggap sebagai orang terkaya sepanjang sejarah. Gelar yang ditolaknya karena dianggap tidak menyertakan sejumlah nama orang kaya lainnya di dunia.

Ia dikenal dengan kejenuiusan dan visi yang jauh ke masa depan namun juga pribadi yang provokatif.

Dikutip dari Time, Elon Musk adalah serangkaian manifestasi lain dari masa kini dan masa depan kita; konstruksi infrastruktur, kecerdasan buatan, neuroteknologi, sistem pembayaran dan semakin banyak sistem keuangan dengan cryptocurrency.

Baca juga: Elon Musk Dinobatkan Jadi Person of the Year 2021, Apa Alasannya?

Olivia Rodrigo

Penyanyi Olivia Rodrigo menjadi pembicara di acara Teen Vogue Summit 2021 di Goya Studios. Los Angeles, California pada 4 Desember 2021 in Los Angeles, California.  AFP/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/JON KOPALOFF Penyanyi Olivia Rodrigo menjadi pembicara di acara Teen Vogue Summit 2021 di Goya Studios. Los Angeles, California pada 4 Desember 2021 in Los Angeles, California.
Penyanyi berusia 18 tahun ini menyandang gelar sebagai Entertainer of the Year 2021 versi Majalah Time. Popularitasnya dimulai ketika merilis lagu Drivers License yang langsung tenar di media sosial termasuk TikTok.

Lagu-lagunya dianggap bentuk pelampiasan kemarahan dan memberikan ruang untuk menangis. Karyanya juga dipuji banyak kritikus karena sukses menarik pendengar dari berbagai usia.

Gadis berdarah Filipina ini meraih tujuh nominasi Grammy dan menjadi salah satu artis paling sering didengar di Spotify. Ia juga bergabung dengan pemerintah AS untuk kampanye vaksinasi Covid-19 bagi anak muda.

Baca juga: Bukan Justin Bieber atau BTS, Rapper Puerto Rico Ini Paling Sering Didengarkan di Spotify

Simone Biles

Pesenam Amerika Serikat Simone Biles saat berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020.AFP/LOIC VENANCE Pesenam Amerika Serikat Simone Biles saat berkompetisi di Olimpiade Tokyo 2020.
Simone Biles jadi pembahasan publik ketika mengundurkan diri dari final Olimpiade Tokyo secara mengejutkan. Ia mengaku mengalami twisties, gangguan emosional yang membuatnya tak yakin akan posisinya ketika melakukan senam lantai.

Baca juga: Mengenal Twisties, Gangguan Psikologis Simone Biles Saat Olimpiade

Dianggap sebagai salah satu atlet terbaik sepanjang masa, aksinya ini tentu menuai kontroversi. Namun langkahnya kemudian dipuji banyak koleganya karena meningkatkan kesadaran pentingnya kesehatan mental bagi para atlet, bukan hanya fisik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com