Kompas.com - 14/12/2021, 15:59 WIB

KOMPAS.com - Park So Dam, aktris yang tenar setelah membintangi Parasite, didiagnosis menderita kanker tiroid papiler.

Kabar tersebut disampaikan oleh ArtistCompany, agensi manajemen yang menaunginya.

"Aktor Park So Dam akan fokus pada pemulihannya sehingga dia dapat melihat kalian semua sehat di masa depan, dan ArtistCompany juga akan melakukan yang terbaik untuk membantunya memulihkan kesehatannya," demikian pernyataan publik yang beredar.

Wanita berusia 30 tahun itu telah menjalani operasi penyembuhan dan kini sedang dalam pemulihan.

Namun operasi kanker tiroid yang dilakukannya membuatnya tak bisa melakukan promosi untuk film terbarunya, Special Delivery.

Park So Dam sendiri diketahui memiliki penyakit kanker tiroid papiler setelah melakukan pemeriksaan kesehatan rutin belum lama ini. Dokter yang menanganinya memutuskan untuk segera melakukan operasi untuk mempercepat penyembuhan.

Baca juga: Park So Dam Mengidap Kanker Tiroid Papiler, Agensi Sebut Operasi Telah Dilakukan

Mengenal Kanker Tiroid dan Gejalanya

Kanker tiroid papiler, seperti yang diderita Park So Dam, disebut sebagai jenis kanker yang paling sering mempengaruhi tiroid alias kelenjar yang berada di dasar leher kita.

"Ada beberapa jenis kanker tiroid. Beberapa tumbuh sangat lambat dan yang lain bisa sangat agresif. Sebagian besar kasus kanker tiroid dapat disembuhkan dengan pengobatan," seperti bersumber dari Mayo Clinic.

Teknologi kedokteran terkini memungkinkan kanker tiroid lebih mudah dideteksi. Oleh sebab itu, jumlah kasusnya juga mengalami peningkatan beberapa tahun belakangan.

Kanker tiroid papiler merupakan salah satu dari empat jenis kanker yang menyerang tiroid. Jenis penyakit ini paling banyak dialami oleh wanita, khususnya yang berusia di bawah 40 tahun.

Baca juga: 6 Cara Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Tiroid

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.