Kompas.com - 15/12/2021, 08:23 WIB

KOMPAS.com - Meski punya fungsi yang vital untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh, faktanya masih banyak orang mengabaikan kesehatan jantung.

Padahal, jika jantung tidak dijaga kesehatannya, dikhawatirkan organ tubuh tidak mendapat aliran darah yang cukup dan bisa berakibat fatal.

Ada sejumlah faktor yang mengakibatkan kesehatan jantung menurun, diantaranya hipertensi, diabetes, faktor keturunan, usia lanjut, dan kadar kolesterol yang tinggi.

Meski begitu, ternyata faktor kebiasaan atau gaya hidup juga berkontribusi pada penurunan kesehatan jantung seseorang.

Tanpa disadari perilaku yang berakibat pada naiknya tekanan darah maupun pola makan tidak sehat bisa menimbulkan risiko penyakit jantung di masa depan.

Kebiasaan yang patut dihindari agar jantung sehat

Terdapat sejumlah gaya hidup yang memengaruhi kesehatan jantung. Meski gaya hidup ini sudah menjadi kebiasaan, ada baiknya segera dihentikan agar jantung tetap sehat.

1. Tidak melakukan aktivitas fisik

Sedari kecil kita sudah diajari oleh orang tua dan guru di sekolah untuk banyak beraktivitas dan berolahraga agar tubuh tetap bugar.

Walau terdengar sepele, jika hal ini terus dilakukan ternyata bisa menjaga jantung tetap sehat, lho.

Sayangnya, semakin bertambahnya usia semakin banyak pula orang yang malas bergerak dan memilih diam di dalam rumah.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mereka malas bergerak, seperti tidak menemukan model latihan yang tepat hingga sibuk bekerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.