Kompas.com - 15/12/2021, 17:51 WIB
. PEXELS/THIS IS ZUN .

KOMPAS.com - Dalam sebuah hubungan jangka panjang seperti pernikahan, tentu di dalamnya tidak lepas dari pasang surut dan masalah.

Oleh sebab itu, hubungan pernikahan perlu dipelihara dan diberikan banyak perhatian setiap tahunnya agar terus harmonis.

Meski demikian, menjaga dan memelihara hubungan pernikahan membutuhkan berbagai usaha dari pasangan suami-istri.

Masing-masing perlu untuk lebih memahami satu sama lain, dan tidak akan menyerah pada apa yang telah dibangun berdua.

Baca juga: Hubungan dengan Pasangan Tetap Harmonis Saat Pandemi, Begini Tipsnya

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips memelihara hubungan pernikahan yang bisa dipraktikkan supaya hubungan tetap terjaga dengan baik dan harmonis.

1. Manjakan diri dan habiskan waktu terpisah

Sebagai seorang istri dan ibu,  mungkin waktu habis untuk lebih banyak mengurus rumah tangga, sehingga lupa untuk mengurus kebutuhan diri sendiri.

Sayangnya, ketika wanita merasa lelah dan tidak sehat secara mental maupun fisik, maka dia  juga tidak dapat mencintai orang lain, termasuk keluarganya, dengan sepenuh hati.

Menurut Enhanced Wellness, melakukan perawatan diri sangat penting untuk berada dalam hubungan yang bahagia selama bertahun-tahun.

Bahkan, bagi para istri dan ibu juga dianjurkan untuk meninggalkan keluarga sementara dalam rangka pergi berlibur, atau meluangkan waktu berjam-jam untuk diri sendiri setiap minggu.

Beberapa saran lainnya yang juga bisa dilakukan baik oleh suami maupun istri adalah duduk dan menikmati secangkir teh atau kopi panas, berjalan-jalan di sekitar rumah, melakukan yoga, atau mendengarkan musik sendirian.

Ketika kita ingin memperbaiki hubungan pernikahan, menghabiskan waktu terpisah tampak sangat tidak mungkin, tetapi ini dapat mengembalikan perasaan cinta dalam hubungan.

Apalagi, masa pandemi yang berlangsung hampir dua tahun, banyak pasangan yang menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

Baca juga: Pertanda Pasangan Hanya Memanfaatkan Kita demi Uang

Jadi, tidak ada salahnya jika pasangan suami-istri menginginkan waktu terpisah dan memiliki hobi yang terpisah karena itu akan memberi banyak hal untuk dapat dibicarakan saat sedang bersama.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber moms
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.