Kompas.com - 16/12/2021, 12:46 WIB

KOMPAS.com - Kita sering mendengar kalimat bijak yang mengatakan, uang tak bisa membeli kebahagiaan.

Mereka yang percaya dengan perkataan ini, meyakini kebahagiaan bisa dirasakan jika manusia selalu bersyukur, banyak berderma, punya kehidupan yang mapan, dan kesehatan.

Hal tersebut memang benar, tetapi sebuah penelitian terbaru justru berkata sebaliknya dan menunjukkan bahwa uang dapat membeli kebahagiaan sampai batas tertentu.

Para peneliti dari Universitas Princeton, Amerika Serikat, mendapati penghasilan senilai US$75.000 atau setara dengan Rp 1 miliar dalam setahun adalah titik manis untuk merasakan kebahagiaan.

Baca juga: Frekuensi Ciuman Pengaruhi Kepuasan Hubungan

Hubungan antara bahagia dan uang

Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan kebahagiaan antara orang yang penghasilannya mencapai Rp 1 miliar per tahun dengan penghasilan yang lebih tinggi.

Penelitian yang sama menemukan ketika pendapatan turun di bawah Rp 1 miliar, tingkat kebahagiaan seseorang cenderung lebih rendah. Sementara itu, tingkat kesedihan dan stres akan lebih tinggi.

Sebaliknya, menurut penelitian lain, tingkat kebahagiaan akan meningkat secara linear degan tingginya pendapatan seseorang. Makin tinggi penghasilan, makin besar pula kebahagiaan yang dirasakan.

Baca juga: Mengapa Banyak Orang Sulit untuk Merasa Bahagia?

Sementara itu, sebuah survei yang dilakukan terhadap lebih dari 33.000 orang dewasa AS yang sudah bekerja dan lebih dari 1,7 juta laporan menemukan hubungan langsung antara pendapatan yang lebih tinggi, perasaan lebih baik dari hari ke hari, dan lebih puas dengan kehidupan secara keseluruhan.

Tapi apakah hasil survei ini mendefinisikan kebahagiaan? Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki definisi kebahagiaan yang berbeda-beda.

Bagi sebagian orang, nilai kebahagiaan mungkin terletak pada kekuatan. Sedangkan, orang lain menemukan nilai kebahagiaan karena merasa aman atau perawatan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.