Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Skincare Berbahan Vegan Bikin Kulit Lebih Sehat?

Kompas.com - 16/12/2021, 19:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Definisi wajah yang sempurna kini bukan lagi soal memiliki warna kulit yang putih, tirus, atau kulit mulus tak berpori.

Saat ini semakin banyak orang yang mulai menyadari bahwa memiliki kulit yang sehat juga berperan penting untuk membuat wajah terlihat lebih cantik dan bersinar.

Menurut dokter estetik, Abelina DF, kulit yang sehat adalah kulit yang memiliki skin barrier yang baik, sehingga dapat mengunci kelembaban di dalam kulit yang dapat melindungi dari inflamasi, serta infeksi.

Selain itu, kulit sehat itu juga merupakan kulit yang memiliki pH seimbang, memiliki kadar hidrasi yang baik, memiliki tekstur yang konsisten, warna kulit yang merata, dan tidak ada iritasi pada kulit.

Baca juga: 7 Kebiasaan di Pagi Hari yang Membuat Kulit Sehat dan Indah

Dalam hal perawatan kulit, pilih produk skincare yang ramah terhadap kulit, terutama bagi yang memiliki jenis kulit sensitif. Salah satu yang diklaim aman terhadap jenis kulit ini adalah skincare vegan.

Skincare dengan berbahan vegan diyakini terbebas dari kandungan berbahaya, sehingga dapat membuat kulit jauh lebih sehat secara alami.

"Skincare berbahan vegan itu memiliki efikasi yang tinggi dan membuat kulit wajah kita lebih sehat karena mengandung lebih banyak vitamin maupun mineral," terang Abel saat peluncuran serum Base di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

"Sembari merawat wajah, skincare dengan kandungan vegan juga less harmful atau lebih ramah pada lingkungan karena tidak memanfaatkan bahan-bahan dari hewani," sambung dia.

Ia menambahkan, dengan efikasi yang tinggi ini, skincare berbahan vegan dapat mencegah kulit kita dari iritasi, mencegah pertumbuhan bakteri di kulit, serta menjaga kelembaban kulit kita.

Baca juga: Mengenal Polyglutamic Acid, Kandungan Skincare yang Sangat Melembapkan

Serum dari tanaman

Brand kecantikan lokal, Base, merilis produk serum wajah pertamanya "Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum" yang berbahan vegan.

Serum ini juga didedikasikan untuk orang-orang dengan jenis kulit yang sering memiliki kendala atau keluhan seperti sering berminyak, komedo, dan jerawat.

Dengan bahan aktif yang telah tersertifikasi organik oleh ECOCERT, serum ini mengandung berbagai varian tanaman yang telah diekstraksi secara klinis.

"Memakai skincare berbahan vegan dari tanaman itu memiliki banyak manfaatnya. Mulai dari menangkal radikal bebas, menyediakan antioksidan, dan anti peradangan di kulit," ungkap Ratih Permata Sari selaku Chief Produk Office Base.

Baca juga: Cara Memakai Serum Wajah agar Hasilnya Maksimal

Adapun kandungan bahan baku vegan yang terdapat pada Base Deep Sebum Control & Pore Clarifying Serum ini di antaranya:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com