Kompas.com - 17/12/2021, 10:43 WIB

KOMPAS.com - Hewan peliharaan yang dirawat dan diperhatikan dengan baik akan menunjukkan kasih sayang yang besar kepada kita.

Ikatan antara hewan peliharaan dan pemiliknya akan terjalin kuat. Karena kekuatan ikatan itulah, hati kita seolah-olah tersayat apabila hewan peliharaan kesayangan sakit atau mati.

"Setiap hari, saya mendengar orang mengatakan kehilangan hewan peliharaan terasa lebih dalam daripada kehilangan sesama manusia di hidup mereka."

Demikian dikatakan Christina Disla, pendamping kesedihan dan pelatih kehilangan hewan peliharaan di Lap of Love.

"Banyak yang berkaitan dengan fakta bahwa hewan peliharaan benar-benar menjadi bagian dari identitas diri kita dan rutinitas kita sehari-hari."

Baca juga: Studi: Manusia Merasa Bersalah Setelah Berbohong pada Anabul

Saat teman atau kerabat baru saja kehilangan hewan peliharaan, kita mungkin berniat untuk menghibur mereka. Namun, perhatikan kata-kata yang akan diucapkan.

Jangan menghibur seseorang yang berduka atas kehilangan "sahabat setia" mereka dengan kata-kata berikut:

1. "Itu hanya seekor kucing" atau "Itu cuma seekor anjing"

Bagi banyak orang, hewan peliharaan adalah anggota keluarga, dan kehilangan hewan peliharaan bisa dirasakan lebih dalam daripada kehilangan manusia.

"Ini benar-benar tindakan meremehkan untuk meminimalkan kerugian sebagai 'kurang dari' atau tidak valid," kata Jennifer Breslow, psikoterapis yang berbasis di New York.

Baca juga: Cara Menghibur Pasangan yang Sedih Saat Tim Olahraga Favoritnya Kalah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.