Kompas.com - 17/12/2021, 13:21 WIB
Teh hijau juga menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk lainnya yang baik untuk dikonsumsi, termasuk di pagi hari. FREEPIK/COOKIE_STUDIOTeh hijau juga menjadi pilihan minuman penghilang ngantuk lainnya yang baik untuk dikonsumsi, termasuk di pagi hari.

KOMPAS.com - Mendapatkan kualitas tidur sangatlah penting bagi kesehatan. Ini bisa menghindarkan kita dari risiko hipertensi, stres, hingga perasaan mudah marah.

Sayangnya, tidak semua orang punya kualitas tidur yang baik. Di AS misalnya, National Sleep Foundation mencatat 35 persen orang dewasa durasi tidurnya kurang dari tujuh jam per malam.

Padahal, ketika malam otak akan menghasilkan lebih banyak melatonin atau hormon tidur.

Produksi melatonin dapat dibantu dengan kebiasaan meredupkan lampu dan mematikan perangkat elektronik, supaya tidur menjadi lebih nyenyak.

Dua kebiasaan ini bisa kamu lakukan ketika hari sudah gelap setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Selain itu, meningkatkan kualitas tidur juga bisa dilakukan dengan meminum teh herbal.

Hal ini didukung sebuah penelitian pada tahun 2014 yang menunjukkan bahwa teh dapat menurunkan kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

Sementara itu, penelitian lain di tahun 2018 menunjukkan bahwa menghirup aroma teh –khususnya teh hitam– bisa membuat suasana hati lebih tenang.

Dengan sejumlah manfaat ini, teh tentu bisa menjadi jalan keluar untukmu yang sering terjaga ketika malam.

Lalu, apa saja teh yang bisa meningkatkan kualitas tidur?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Today
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.