Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/12/2021, 14:38 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com - Di kalangan penggemar arloji, Audemars Piguet dianggap sebagai salah satu dari “Holy Trinity” dalam pembuatan jam tangan, bersama Patek Philippe dan Vacheron Constantin.

Jam tangan keluaran merek-merek itu selalu dicari orang walau harganya tidak murah. Para kolektor bahkan rela membayar berpuluh kali lipat harga aslinya untuk item yang langka.

Untungnya beberapa arloji Audemars Piguet keluaran tahun 2021 bisa didapatkan di Indonesia. Seri mana sajakah yang bisa dipilih?

1. Royal Oak Offshore Chronograph diameter 43 mm

Audemars PiguetRoyal Oak Offshore Chronograph diameter 43 mm Audemars PiguetRoyal Oak Offshore Chronograph diameter 43 mm
Kebanyakan penggemar Audemars Piguet mencari seri Royal Oak. Rupanya seri ini dihadirkan dalam beberapa variasi dan ukuran.

Salah satu yang terbaru adalah Royal Oak Offshore Chronograph diameter 43 mm yang hadir dalam 5 model, mulai berbahan stainless steel, emas 18 karat, serta titanium.

Selain sentuhan modern pada casing dan desain Mega Tapisserie pada dialnya, Royal Oak Offshore dilengkapi sistem tali baru dari karet atau kulit buaya yang dapat diganti dengan mudah.

Casing 43 mm ini diperlukan untuk mengakomodasi mesin baru Calibre 4401 otomatis yang mencakup fungsi kronograf dengan arsitektur terintegrasi dan fitur Flyback.

Kristal safir digunakan di kedua sisi casing, yang tahan air hingga 100 meter. Adapun mesin yang tampak dari sisi belakang casing tersebut memiliki cadangan daya hingga 70 jam.

2. Royal Oak Offshore Selfwinding Flying Tourbillon Flyback Chronograph 43 mm

Audemars Piguet Royal Oak Offshore 43 mm Audemars Piguet Royal Oak Offshore 43 mm
Masih dari keluarga Royal Oak Offshore diameter 43 mm, seri ini dilengkapi mesin Tourbillon yang menjadi pembedanya.

Sistem tourbillon pada dasarnya merujuk pada kerangka penggerak yang seolah melayang untuk mengurangi pengaruh gravitasi pada mesin.

Bagian casing arloji ini didesain ulang menggunakan material titanium. Sedangkan mesin calibre 2967 yang terkesan sporty di dalamnya diadaptasi dari mesin calibre 2952 yang ada pada koleksi Audemars Piguet bertajuk Code 11.59.

Arloji yang hanya diproduksi sebanyak 100 buah ini memiliki cadangan daya selama 65 jam dan kemampuan tahan air, dengan kedalaman 100 meter, dan ditawarkan seharga 250 ribu franc Swiss atau setara Rp 3,8 miliar.

Baca juga: Audemars Piguet Royal Oak Offshore Kini Tampil Lebih Sporty

3. Royal Oak Offshore Diver 42 mm

Audemars Piguet Royal Oak Offshore Diver 42 mm Audemars Piguet Royal Oak Offshore Diver 42 mm
Seri Royal Oak Offshore Diver yang berukuran 42 mm ini hadir dalam bahan stainless steel, dan tersedia dalam warna khaki, biru atau abu-abu.

Arloji selam ini memiliki tata letak dua crown (mahkota) yang tidak biasa, yakni pada posisi angka 3 dan 10, kaca safir sebagai etalase belakang, ketahanan air hingga 300 meter, dan set fitur waktu/tanggal.

Di dalamnya terdapat mesin bary kaliber 4308 Audemars Piguet otomatis yang memiliki cadangan daya 60 jam. Mesin 4308 ini juga menampilkan rotor emas 22k berwarna hitam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com