Kompas.com - 17/12/2021, 19:49 WIB

KOMPAS.com - Perdebatan soal pilihan yang lebih sehat antara margarin atau mentega tidak habis-habisnya dibahas.

Sebagian orang memilih margarin sebab terbuat dari lemak nabati, sedangkan sisanya menjatuhkan pilihan pada mentega karena kandungan lemak hewaninya.

Meski begitu, sebuah studi menunjukkan bahwa regulasi di AS yang melarang minyak terhidrogenasi, menempatkan margarin sebagai pilihan lebih sehat ketimbang mentega.

"Margarin adalah pilihan yang lebih baik daripada mentega untuk kesehatan jantung," kata pemimpin peneliti Cecily Weber dari University of Minnesota School of Public Health, Minneapolis.

Tim peneliti juga menemukan bahwa produk campuran margarin dan mentega mengandung lebih sedikit lemak jenuh dan lebih banyak lemak tak jenuh daripada mentega biasa.

"Sekarang konsumen lebih mudah membuat pilihan yang sehat untuk jantung karena mereka tidak perlu lagi khawatir memeriksa label produk untuk mencari minyak terhidrogenasi parsial untuk lemak trans," lanjutnya.

Dalam penelitian ini, Weber dan rekan-rekannya memeriksa kandungan asam lemak dari 83 margarin, campuran margarin dan mentega, dan membandingkannya dengan mentega.

Para peneliti menemukan bahwa setelah adanya larangan, produk campuran margarin dan mentega memiliki lemak jenuh dan kolesterol yang jauh lebih sedikit, dibandingkan dengan mentega.

Produk-produk ini juga tidak mengandung lemak trans buatan.

Margarin yang lebih lembut mengandung lebih sedikit lemak jenuh daripada margarin batangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber WebMD


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.