Kompas.com - 17/12/2021, 22:19 WIB

KOMPAS.com - Membedakan kulit kering dan eksim tergolong susah-susah gampang, Pasalnya, keduanya memiliki gejala yang sama: kering, gatal, dan membuat kita kesal.

Kendati demikian, keduanya tetap memiliki beberapa perbedaan. Salah satunya, hadirnya peradangan.

“Pada eksim, penghalang kulit tidak berfungsi sebagaimana mestinya, mengakibatkan hilangnya hidrasi dan gangguan pada lapisan kulit luar."

"Jika kulit memerah, gatal, dan bersisik, itu mungkin lebih dari sekadar kekeringan, dan  mungkin kita menderita eksim,” ujar dokter kulit Joshua Zeichner di laman HuffPost.

Gejala berikutnya adalah di mana kulit kering dan gatal itu hadir.

“Biasanya, eksim paling sering mempengaruhi fossa antecubital (lipatan siku) dan fossa poplitea (belakang lutut),” kata dokter kulit Jia De Yu.

Namun, menurut Vivian Shi, seorang dokter kulit dan profesor di Departemen Dermatologi di University of Arkansas for Medical Sciences, perbedaan utama keduanya adalah eksim akan terus memburuk jika tidak ditangani dengan benar.

"Eksim dapat menyebabkan gejala parah seperti pecah-pecah, penebalan kulit, dan gatal-gatal yang lebih hebat," kata dia.

“Orang dengan eksim juga lebih rentan terhadap infeksi kulit oleh bakteri yang disebut staphylococcus aureus,” tambah Shi.

Apa penyebab eksim?

Dokter kulit Julie Russak menyebut, eksim diakibatkan oleh kekurangan salah satu protein yang membentuk lapisan atas kulit.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Huffpost
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.