Kompas.com - 17/12/2021, 22:52 WIB

KOMPAS.com - Kerumitan dalam sebuah jam tangan menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor jam.

Salah satu kerumitan yang dicari orang dari jam tangan adalah fitur minute repeater atau pengulang menit.

Sebenarnya, apa sih keunggulan dari minute repeater pada sebuah jam tangan?

Baca juga: Patek Philippe Kuno Terjual Seharga Rp 137 Miliar di Sotheby

Mengutip laman Barrons.com, minute repeater berfungsi memberikan tanda berupa bunyi ketika jarum jam melewati waktu tertentu.

Mekanisme ini mirip dengan yang terdapat pada jam kakek (jam berukuran besar zaman dahulu yang diletakkan secara tegak di lantai.

Bedanya, jika minute repeater pada jam kakek akan berdenting secara otomatis, fitur tersebut hanya bisa diaktifkan pada arloji ketika pengguna menekan tombol.

Arloji dengan fitur minute repeater biasanya memiliki tombol yang disebut slider/pusher. Saat slider ini ditekan, akan ada respons berupa bunyi lonceng untuk menunjukkan waktu.

Sederhananya, dengan fitur minute repeater, pengguna arloji dapat mengetahui waktu yang berlalu berdasarkan dentingan (chiming) yang dihasilkan.

Fitur minute repeater awalnya dikembangkan di Inggris selama abad ke-17 dan abad ke-18, dan berfungsi untuk mengetahui waktu dalam gelap karena di masa itu penggunaan listrik belum tersebar luas.

Saat ini banyak sekali watchmaker atau pembuat jam yang memasukkan fitur minute repeater pada kreasi mereka, termasuk Patek Philippe.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.