Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2021, 21:28 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ketenaran seorang artis maupun selebriti di jagat hiburan, memang tidak bisa dilepaskan dari keberadaan haters.

Mereka kerap kali menerima cibiran dan perilaku tak menyenangkan dari haters yang tidak jarang membuat risih dan marah.

Hal ini juga pernah dialami oleh binaragawan yang juga mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger.

Meski begitu, ia memiliki cara tersendiri agar dirinya tidak begitu memikirkan cibiran haters yang sering menyerangnya.

"Jika kita mendengarkan semua orang yang mengatakan hal-hal buruk, kita tidak akan pernah bangun dari tempat tidur," ujarnya.

Schwarzenegger memberikan beberapa motivasi soal apa yang harus dilakukan ketika seseorang merasa kritik dari orang lain menghambat hidupnya.

"Saya ingin menceritakan kisah Dick Fosbury, seorang insinyur yang tangannya pernah patah saat mencoba melompati kursi, namun kemudian memenangkan medali Emas Olimpiade dalam lompat tinggi," ujarnya.

"Dia mungkin orang yang paling tidak atletis di luar sana, tetapi dia menggunakan apa yang ia ketahui, yaitu teknik untuk memenangkan kompetisi," tambah Schwarzenegger.

"Dia belajar bahwa jika dia melengkungkan punggungnya dan menjatuhkan diri di atas mistar dengan cara tertentu, dia tidak akan menyentuhnya. Ini dikenal sebagai Fosbury Flop, dan setiap pelompat tinggi menggunakan gaya tersebut hari ini," sambungnya.

Baca juga: Geram, Arnold Schwarzenegger Berseru untuk Kaum Penolak Masker

Berkaca dari kisah inspiratif itu, Schwarzenegger ingin cara Fosbury dimaknai oleh setiap orang saat dikritik. Baginya, selalu ada cara untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Schwarzenegger menambahkan, kunci untuk mengejar tujuan adalah dengan tetap tangguh.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengapresiasi hal-hal kecil yang berhasil dilakukan dan tidak berkecil hati apabila belum beruntung.

"Intinya adalah, seperti biasa, untuk tidak mendengarkan haters dan terus berjuang untuk mencapai impianmu," katanya.

Jangan menunggu hal besar, atau kamu hanya akan menunggu selamanya. Fosbury bisa saja berhenti ketika tangannya patah saat melompati kursi, tetapi ia kemudian menjadi peraih medali emas Olimpiade. Tyson Fury bisa saja terus minum dan mengasihani dirinya sendiri, tetapi dia kembali berlatih dan menjadi salah satu juara kelas berat terhebat yang pernah ada."

"Jika ada di antara Anda yang berjuang untuk menemukan gairah hidup, carilah inspirasi dari mereka. Bahkan di titik tergelap, selalu ada cahaya di ujung terowongan," imbuh Schwarzenegger.

Untuk diketahui, perjalanan hidup Schwarzenegger bisa dikatakan sangat moncer.

Pria berusia 74 tahun ini pernah mencicipi kesuksesan di berbagai bidang, mulai dari olahraga, hiburan, dan politik.

Tapi, ia tidak lupa untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya selama beberapa dekade tahun ini dalam buletinnya tentang tips angkat besi.

Ia juga menjelaskan caranya mengubah pola pikir sendiri seiring pertanbahan usia dan memberikan saran tentang bagaimana generasi muda menggali potensi mereka.

Baca juga: Ingin Coba Angkat Beban? Simaklah Saran Arnold Schwarzenegger

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com