Kompas.com - 20/12/2021, 08:52 WIB

KOMPAS.com - Memakai makeup adalah salah satu cara tercepat untuk mengubah wajah kita secara instan. Orang yang jago dandan bahkan menggunakan beberapa teknik agar wajah terlihat lebih muda.

Sebaliknya, menggunakan teknik makeup yang salah juga bisa membuat wajah kita terlihat lebih tua, lho.

Seorang penata rias profesional telah mengungkapkan bahwa kesalahan terbesar yang sering kali kita buat adalah ketika memakai lipstik di bibir.

Kesalahan ini tidak hanya dapat menyebabkan makeup kita tidak bertahan cukup lama, tetapi juga dapat membuat wajah kita terlihat lebih tua.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, penata rias untuk Marc Jacobs Beauty, Diane Kendal, pun membagikan beberapa kesalahan memakai lipstik yang dapat membuat wajah kita terlihat lebih tua, seperti yang dilansir dari laman New York Post berikut ini.

Baca juga: Gaya No-Makeup Kim Kardashian Bikin Warganet Terpukau

1. Lip liner

Memakai lipstik sepertinya tidak akan lengkap tanpa lip liner yang serasi, bukan?

Namun bagi yang memakai lip liner, kita mungkin akan terkejut mengetahui bahwa hal ini justru bisa membuat kita terlihat lebih tua.

"Saya merasa sering kali lebih baik untuk tidak menggunakan lip liner tradisional sama sekali. Tanpa lip line akan memberikan hasil akhir yang tampak lebih muda dan lebih segar," ujar Diane.

Jika suka dengan shade lipstik merah muda, maka shade fuschia bisa dicoba sebagai warna lipstik untuk bibir hitam.SHUTTERSTOCK/MAPLES IMAGE Jika suka dengan shade lipstik merah muda, maka shade fuschia bisa dicoba sebagai warna lipstik untuk bibir hitam.

2. Teknik overdraw

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.