Kompas.com - 20/12/2021, 10:39 WIB

KOMPAS.com - Saat ini semakin banyak industri sepatu sneaker yang mulai menciptakan produk-produknya dengan bahan-bahan yang lebih berkelanjutan (sustainable).

Hal ini juga dapat dilihat melalui sepatu lari hasil kolaborasi antara dua perusahaan sneaker ternama Adidas dan Allbirds, yakni "FutureCraft.FootPrint" yang lebih ramah lingkungan.

Pada akhir 2019, staf Allbirds dan eksekutif Adidas di Portland pun telah membentuk tim super untuk mendiskusikan lebih lanjut mengenai pendekatan sneaker yang berkelanjutan itu.

Baca juga: Gabung Metaverse, adidas Langsung Luncurkan Koleksi NFT Terbaru

Namun, akibat pandemi Covid-19 di tahun 2020, mereka harus bertemu secara digital setiap bulan — kemudian, setiap minggu, dan kemudian, setiap hari — untuk mengembangkan FutureCraft.FootPrint dengan tepat.

"Semuanya mulai agak sulit karena pandemi melanda segera setelah kami mulai bekerja sama," kata manajer produk Adidas, Kimia Yaraghchian.

Sepatu rendah emisi karbon

Disebut sebagai sepatu lari yang ramah lingkungan, tim super Adidas dan Allbirds membuatnya hanya dengan 2 kg karbon dioksida ekuivalen (CO2e).

Sementara, sepatu lari biasa membutuhkan sekitar 13,6 kg emisi karbon dioksida dan sepatu Allbirds sendiri biasanya memiliki berat sekitar 7,1 kg CO2e.

"[Menyelesaikan] fase pembuatan dan pengembangan [melalui pandemi] dalam waktu 12 bulan adalah perjalanan yang gila," ujar Yaraghchian.

"Rasanya seperti seseorang meminta kita untuk mendaki Gunung Everest dalam dua hari tanpa masker oksigen," terangnya.

Meski begitu, kepala desain Allbirds, Jamie McLellan menambahkan bahwa terkadang, tekanan dapat menciptakan hasil yang justru lebih indah.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.