Kompas.com - 21/12/2021, 07:37 WIB

KOMPAS.com - Seorang wanita asal Wales sukses menjual sebuah bola dunia (globe) antik yang dibelinya tahun lalu dengan harga fantastis.

Bayangkan saja, harga globe tersebut naik 770 kali lipat, menjadi 154.000 dollar AS atau sekitar Rp 2,2 miliar.

Sebab, dulu pemiliknya membeli globe itu "cuma" seharga 199 dollar AS atau sekitar Rp 2,8 juta.

Baca juga: Rompi Donda Kanye West Terjual dengan Harga Rp 1 Miliar

Benda antik ini jatuh ke tangan seorang kolektor asal New York, Amerika Serikat, yang dirahasiakan namanya.

Sejarah benda yang dilelang melalui lembaga lelang Hansons Auctioneers di Inggris ini pun masih belum diketahui secara pasti.

Beberapa peneliti hanya meyakini bahwa globe ini sempat dimiliki oleh Major Edward Croft-Murray, seorang mantan penjaga print dan gambar di British Museum.

Baca juga: Patek Philippe Kuno Terjual Seharga Rp 137 Miliar di Sotheby

Para ahli juga meyakini bahwa benda antik ini berasal dari pertengahan abad ke-16, dan kemungkinan menjadi salah satu globe tertua yang pernah dilelang.

“Orang-orang pasti sudah memakai ruff dan codpiece ketika mereka pertama kali memegang globe ini di era Elizabethan Inggris,” kata Jim Spencer, Kepala Hansons’ Library Auction.

Jika penasaran dengan seberapa tuanya globe itu, peta di dalamnya tidak menyertakan negara Australia, yang belum ditemukan oleh bangsa Eropa.

Setidaknya, Australia ditemukan 50 tahun setelah globe ini diciptakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Hypebeast
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.