Kompas.com - 21/12/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Tidur merupakan aktivitas yang sangat diperlukan tubuh, sehingga ketika terbangun di pagi hari, tubuh akan menjadi lebih segar dan rileks.

Nah, jika kita terbangun dengan rasa pegal atau nyeri di punggung bagian bawah, leher, atau bahu, tandanya ada yang salah dengan cara tidur kita.

Ada kemungkinan otot kita bekerja terlalu keras di waktu tidur. Padahal di waktu tersebut, otot tubuh tidak seharusnya bekerja.

Posisi tidur yang keliru dapat membuat tubuh stres dan tegang saat kita tidur. Inilah yang memicu rasa nyeri dan pegal-pegal ketika kita bangun pagi.

Faktor lain yang memengaruhi rasa nyeri di tubuh juga bisa berasal dari kasur atau bantal yang kita gunakan untuk tidur.

Baca juga: Posisi Tidur yang Baik untuk Cegah Nyeri Saat Bangun, Sudah Tahu?

Ahli medis terkait pengobatan gangguan tulang, saraf, dan otot Andrew Bang, DC, menegaskan perlunya tidur dengan posisi yang benar.

Sebab, tubuh kita kelelahan karena otot bekerja keras selama kita beraktivitas di siang hari.

"Kita memberi ketegangan pada ligamen, otot, jaringan, dan persendian," ucap Bang.

"Tidur memberikan kesempatan bagi segala hal itu untuk pulih dan memulai ulang."

Di saat kita berbaring dalam posisi yang membuat bagian tubuh tertentu terasa tegang, pemulihan tubuh tidak akan terjadi sebagaimana mestinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.