Kompas.com - 21/12/2021, 15:00 WIB
Cara menguatkan mental bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu. UNSPLASH/ZAC DURANTCara menguatkan mental bisa berbeda-beda pada setiap orang. Namun, penting untuk dipahami bahwa memiliki mental yang kuat bisa menjadikan kita individu yang lebih baik seiring waktu.

KOMPAS.com - Istilah mindfulness belakangan ini banyak digunakan. Orang-orang memelajari metode ini untuk meredakan stres, gangguan kecemasan, serta gelisah.

Di saat kita merasa kewalahan, atau ada perubahan emosi, metode mindfulness dapat membantu kita menemukan keseimbangan.

Latihan mindfulness juga membuat kita untuk menilai suasana hati secara lebih baik serta menyadarkan kita agar bersyukur pada banyak hal dalam hidup.

Tapi, bagaimana sebenarnya mindfulness dapat mengubah hidup kita?

Manfaat mindfulness

"Manfaat paling penting dari mindfulness yang kebanyakan tidak sepenuhnya disadari orang adalah latihan itu menghubungkan kita dengan diri kita."

Begitu penjelasan pelatih pola pikir dan manifestasi Nicole Stillings, kreator podcast Big Queen Energy.

Baca juga: Psikolog Unair: Coba Praktekkan Mindfulness untuk Usir Stres

"Mindfulness adalah proses terbaik untuk mengungkap seluk-beluk mengenai bagaimana batin kita berkembang dan menutup kesenjangan antara orang itu dan orang yang kita operasikan seperti di dunia fisik."

"Ini membawa tubuh fisik dan tubuh energik kita lebih dekat ke satu kesatuan," imbuh dia.

Dengan kata lain, mindfulness atau perhatian penuh adalah kunci untuk menemukan keselarasan spiritual.

"Ketika kita dapat menenangkan pikiran untuk menerima pesan, kita akan menumbuhkan kejelasan yang dalam, kebijaksanaan yang luar biasa, penyembuhan batin yang intens, dan banyak lagi," ungkap Stillings.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.