Kompas.com - 23/12/2021, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Anjing memang sering diidentikkan dengan tulang.

Namun, rupanya tak semua tulang aman dimakan oleh anjing. Bahkan, banyak tulang yang dapat membahayakan nyawa.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui tulang apa saja yang perlu diwaspadai dan apa yang perlu dilakukan jika anabul memakan sesuatu yang seharusnya tidak dimakannya.

Terlepas dari jenisnya, tulang yang dimasak adalah benda yang harus dijauhkan dari anjing.

Pasalnya, proses pemasakan dapat membuat tulang lebih mudah pecah dan dapat menyebabkan kerusakan internal, apalagi jika terjadi pada tulang berongga seperti tulang ayam dan kalkun.

Bahkan, meski beberapa tulang lain tidak serentan tulang berongga, semua jenis tulang yang dimasak bisa berbahaya jika tertelan.

Baca juga: Bagaimana Mengembalikan Nafsu Makan Anjing?

Menurut VCA Animal Hospitals, anjing yang memakan tulang yang dimasak ini dapat terancam beberapa bahaya, seperti gigi yang patah, luka pada mulut dan lidah, serta tersedak.

Organ pencernaan anjing seperti lambung dan lapisan usus pun bisa luka akibat konsumsi tulang masak. Tak hanya itu, usus kecil dan besar anjing berpotensi tersumbat jika menelannya.

Tulang yang dimasak bisa menggores kerongkongan, bisa menggores saluran pencernaan, bahkan bisa menyebabkan luka tembus, yang merupakan salah satu hal terburuk.”

Demikian penjelasan Dr. Brian Carson, DMV, yang berpraktik di Virginia, AS dalam sebuah wawancara dengan The Spruce Pets.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.