Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2021, 12:00 WIB
Anya Dellanita,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anjing memang sering diidentikkan dengan tulang.

Namun, rupanya tak semua tulang aman dimakan oleh anjing. Bahkan, banyak tulang yang dapat membahayakan nyawa.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui tulang apa saja yang perlu diwaspadai dan apa yang perlu dilakukan jika anabul memakan sesuatu yang seharusnya tidak dimakannya.

Terlepas dari jenisnya, tulang yang dimasak adalah benda yang harus dijauhkan dari anjing.

Pasalnya, proses pemasakan dapat membuat tulang lebih mudah pecah dan dapat menyebabkan kerusakan internal, apalagi jika terjadi pada tulang berongga seperti tulang ayam dan kalkun.

Bahkan, meski beberapa tulang lain tidak serentan tulang berongga, semua jenis tulang yang dimasak bisa berbahaya jika tertelan.

Baca juga: Bagaimana Mengembalikan Nafsu Makan Anjing?

Menurut VCA Animal Hospitals, anjing yang memakan tulang yang dimasak ini dapat terancam beberapa bahaya, seperti gigi yang patah, luka pada mulut dan lidah, serta tersedak.

Organ pencernaan anjing seperti lambung dan lapisan usus pun bisa luka akibat konsumsi tulang masak. Tak hanya itu, usus kecil dan besar anjing berpotensi tersumbat jika menelannya.

Tulang yang dimasak bisa menggores kerongkongan, bisa menggores saluran pencernaan, bahkan bisa menyebabkan luka tembus, yang merupakan salah satu hal terburuk.”

Demikian penjelasan Dr. Brian Carson, DMV, yang berpraktik di Virginia, AS dalam sebuah wawancara dengan The Spruce Pets.

Bagaimana mencegahnya?

Cara termudah untuk menjauhkan tulang yang dimasak dari hewan peliharaan adalah dengan menjauhkan anjing dari dapur, ruang makan, tempat sampah, atau di mana pun tulang yang dimasak itu berada.

Tentu, ini bisa sulit bagi anjing yang terbiasa berkeliaran bebas di rumah.

Jadi, strategi lainnya adalah tetap berhati-hati dan awasi anjing, jaga tutup tempat sampah, serta pastikan keluarga dan tamu paham bahwa mereka tidak boleh memberi makanan sisa pada anjing.

“Pastikan semua orang, termasuk tamu, memahami potensi bahaya dari memberi makan anjing dengan beberapa makanan, apalagi jika itu adalah tulang yang dimasak."

Baca juga: Perlu Tahu, 6 Hal yang Menyebabkan Anjing Menggigit

"Lalu, buat mereka paham apa yang harus dihindari dan apa yang boleh dimakan,” kata Carson.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com