Kompas.com - 24/12/2021, 19:25 WIB

KOMPAS.com - Menjadi seorang ibu bukanlah perkara yang mudah. Sebabnya, ibu punya peran penting untuk mengelola rumah tangga dan keperluan anak.

Apalagi, bila si ibu merupakan wanita karier. Tentu, tugas ganda yang diembannya di dalam rumah dan kantor semakin menggunung.

Karena banyaknya tuntutan pekerjaan maupun masalah yang dihadapi, tak jarang seorang ibu mengalami burnout.

Gejala burnout pada ibu

Dilansir dari Web Medicine, burnout adalah bentuk kelelahan yang disebabkan oleh perasaan kewalahan secara terus-menerus.

Berbeda dari stres biasa, burnout merupakan hasil dari stres emosional, fisik, dan mental yang berlebihan dan berkepanjangan.

Depresi adalah gangguan mood yang paling umum dan dua kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pria," ujar Dr. Kelly Trader dari Boston University/ Boston Medical Center.

"Ini paling sering muncul pada wanita selama masa subur mereka," tambahnya.

Bagi perempuan yang baru saja melahirkan, depresi mungkin lebih mudah dirasakan.

Tapi, jika mengalami kesedihan, menangis, mudah marah, kecemasan, insomnia, kelelahan, dan penurunan konsentrasi hingga lebih dari dua minggu, ini bukan hanya "baby blues" dan tidak normal.

"Beberapa perempuan mulai memiliki pikiran yang mengganggu, pikiran menakutkan yang muncul di kepala di tengah hari atau tidak dapat tidur bahkan ketika bayi mereka sedang tidur," jelas jelas Dr. Rachel Cannon dari Boston University/ Boston Medical Center.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Romper
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.