Kompas.com - 25/12/2021, 18:00 WIB
. PEXELS/TIRACHARD KUMTANON.

KOMPAS.com - Makan terlalu banyak tidak hanya dapat membuat perut merasa sangat kenyang, tetapi itu juga bisa memengaruhi berat badan.

Apalagi di musim liburan ini kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan tergiur untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung karbohidrat, serta lemak.

Nah, untuk mengatasi peningkatan berat badan yang tidak diinginkan dan menghindari sejumlah penyakit akibat terlalu banyak makan, berikut ada beberapa latihan yang dapat dilakukan.

1. Yoga

Yoga bisa menjadi salah cara untuk membuat perut bergerak dan mengurangi kembung karena kekenyangan dalam 15 menit.

Instruktur yoga, Tamal Dodge merekomendasikan dua pose yoga yang mudah, khususnya, yang dapat kita lakukan untuk membantu pencernaan dan meningkatkan tingkat energi.

Baca juga: Cara Yoga Membantu Menurunkan Berat Badan, Selain Bakar Kalori

Yang pertama adalah "easy pose" atau sukhasana. Untuk memulai latihan ini setelah makan terlalu banyak, duduklah dengan menyilangkan kaki di lantai atau di atas bantal meditasi jika ada.

"Letakkan tangan di lutut, tarik perut, dan angkat dada, putar bahu ke belakang dan ke bawah. Kemudian tutup mata selama satu hingga dua menit," kata dia.

Yoga yang kedua adalah anuloma viloma atau latihan pernapasan hidung alternatif.

Cara melakukannya dimulai dengan duduk dengan pose sukhasana lalu letakkan tangan kiri di lutut kiri, buka telapak tangan kanan, dan tarik ke bawah jari telunjuk dan jari tengah kanan.

Setelah itu, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri yang terbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Shape
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.