Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Latihan yang Dapat Dilakukan Setelah Makan Terlalu Banyak

Kompas.com - 25/12/2021, 18:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Shape

KOMPAS.com - Makan terlalu banyak tidak hanya dapat membuat perut merasa sangat kenyang, tetapi itu juga bisa memengaruhi berat badan.

Apalagi di musim liburan ini kita mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan tergiur untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung karbohidrat, serta lemak.

Nah, untuk mengatasi peningkatan berat badan yang tidak diinginkan dan menghindari sejumlah penyakit akibat terlalu banyak makan, berikut ada beberapa latihan yang dapat dilakukan.

1. Yoga

Yoga bisa menjadi salah cara untuk membuat perut bergerak dan mengurangi kembung karena kekenyangan dalam 15 menit.

Instruktur yoga, Tamal Dodge merekomendasikan dua pose yoga yang mudah, khususnya, yang dapat kita lakukan untuk membantu pencernaan dan meningkatkan tingkat energi.

Baca juga: Cara Yoga Membantu Menurunkan Berat Badan, Selain Bakar Kalori

Yang pertama adalah "easy pose" atau sukhasana. Untuk memulai latihan ini setelah makan terlalu banyak, duduklah dengan menyilangkan kaki di lantai atau di atas bantal meditasi jika ada.

"Letakkan tangan di lutut, tarik perut, dan angkat dada, putar bahu ke belakang dan ke bawah. Kemudian tutup mata selama satu hingga dua menit," kata dia.

Yoga yang kedua adalah anuloma viloma atau latihan pernapasan hidung alternatif.

Cara melakukannya dimulai dengan duduk dengan pose sukhasana lalu letakkan tangan kiri di lutut kiri, buka telapak tangan kanan, dan tarik ke bawah jari telunjuk dan jari tengah kanan.

Setelah itu, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari kanan, ambil napas dalam-dalam melalui lubang hidung kiri yang terbuka.

Pada bagian atas tarik napas, tutup lubang hidung kiri dengan jari manis dan kelingking, sehingga kedua lubang hidung tertutup.

Berhenti sebentar, lalu pindahkan ibu jari kanan dari lubang hidung kanan dan hembuskan dari lubang hidung kanan.

Buka lubang hidung kanan dan tarik napas melalui lubang hidung kanan. Di atas tarik napas, tutup lubang hidung kanan dengan ibu jari dan jeda.

Buang napas dari lubang hidung kiri dan tarik napas melalui lubang hidung kiri. Kemudian tutup dan hembuskan keluar dari kanan.

"Teruslah seperti ini, tarik dan hembuskan napas dari setiap lubang hidung selama satu menit. Ulangi dua hingga tiga kali," ungkap dia.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber Shape
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com