Kompas.com - 26/12/2021, 10:32 WIB

KOMPAS.com - Walau saat ini banyak para ibu yang sudah melek digital, tetapi ternyata banyak yang belum memanfaatkan aplikasi keuangan digital untuk mengatur anggaran finansial keluarga.

Padahal, aplikasi keuangan bisa membantu membuat perencanaan keuangan dan mengatur arus kas.

Perencana keuangan Annisa Steviani mengatakan, sebagian besar dari para ibu memiliki aspirasi untuk bisa mencapai kemerdekaan finansial, terbebas dari utang, dan dapat membayar tagihan tepat waktu.

Untuk mencapainya, dibutuhkan kemampuan mengatur arus kas (cash flow) secara mudah, salah satunya lewat aplikasi Jago.

Baca juga: 9 Trik Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji Pas-pasan

“Salah satu hal yang paling dasar adalah mengatur cashflow terlebih dahulu. Untuk itu para ibu dapat menggunakan fitur Kantong pada aplikasi Jago untuk mengatur arus kas dan mengalokasikan dana sesuai dengan target dan kebutuhannya. Ini membantu para ibu agar dananya tidak tercampur,” kata Annisa dalam webinar yang diadakan Bank Jago dan komunitas Ibu Punya Mimpi dalam rangka Hari Ibu (22/12).

Ia mengatakan, pada dasarnya pengaturan keuangan setiap keluarga hampir sama setiap bulannya, yaitu terdiri pembayaran tagihan, belanja bulanan, hingga membayar listrik atau internet.

"Akan itu-itu saja pengeluarannya setiap bulan. Kalau kita sudah tahu persis rinciannya, bisa buat budget dan kalau sudah bisa hidup sesuai budjet, tidak perlu nyatet lagi. Nah, dengan aplikasi Jago, membuat budget keuangan bisa sangat mudah," ujar Annisa.

Penggunaan aplikasi keuangan, lanjut Annisa, juga bisa sangat membantu pekerja lepas atau pun pemilik bisnis yang penghasilannya tidak tetap.

"Jadi lebih gampang bagi-baginya. Misalnya pas ada pemasukan kita bisa masukkan untuk bayar les anak tiga bulan ke depan," ujarnya memberi contoh.

Baca juga: Tips Komunikasi agar Keuangan Tak Jadi Sumber Pertengkaran Pasutri

Komisaris Bank Jago, Anika Faisal, mengatakan, para ibu memiliki beragam peran, salah satunya pengatur keuangan rumah tangga, sehingga edukasi soal keuangan sangat penting.

Karena itu Bank Jago melakukan edukasi Fintamin (financial vitamin) untuk mempermudah para ibu meningkatkan kesehatan keuangan dan mengembangkan usahanya.

Bank Jago adalah bank berbasis teknologi yang tertanam di ekosistem digital Indonesia dan bertujuan meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.