Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jurus Mengatur Keuangan Keluarga dengan Aplikasi Digital

Kompas.com - 26/12/2021, 10:32 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Walau saat ini banyak para ibu yang sudah melek digital, tetapi ternyata banyak yang belum memanfaatkan aplikasi keuangan digital untuk mengatur anggaran finansial keluarga.

Padahal, aplikasi keuangan bisa membantu membuat perencanaan keuangan dan mengatur arus kas.

Perencana keuangan Annisa Steviani mengatakan, sebagian besar dari para ibu memiliki aspirasi untuk bisa mencapai kemerdekaan finansial, terbebas dari utang, dan dapat membayar tagihan tepat waktu.

Untuk mencapainya, dibutuhkan kemampuan mengatur arus kas (cash flow) secara mudah, salah satunya lewat aplikasi Jago.

Baca juga: 9 Trik Mengatur Keuangan Keluarga dengan Gaji Pas-pasan

“Salah satu hal yang paling dasar adalah mengatur cashflow terlebih dahulu. Untuk itu para ibu dapat menggunakan fitur Kantong pada aplikasi Jago untuk mengatur arus kas dan mengalokasikan dana sesuai dengan target dan kebutuhannya. Ini membantu para ibu agar dananya tidak tercampur,” kata Annisa dalam webinar yang diadakan Bank Jago dan komunitas Ibu Punya Mimpi dalam rangka Hari Ibu (22/12).

Ia mengatakan, pada dasarnya pengaturan keuangan setiap keluarga hampir sama setiap bulannya, yaitu terdiri pembayaran tagihan, belanja bulanan, hingga membayar listrik atau internet.

"Akan itu-itu saja pengeluarannya setiap bulan. Kalau kita sudah tahu persis rinciannya, bisa buat budget dan kalau sudah bisa hidup sesuai budjet, tidak perlu nyatet lagi. Nah, dengan aplikasi Jago, membuat budget keuangan bisa sangat mudah," ujar Annisa.

Penggunaan aplikasi keuangan, lanjut Annisa, juga bisa sangat membantu pekerja lepas atau pun pemilik bisnis yang penghasilannya tidak tetap.

"Jadi lebih gampang bagi-baginya. Misalnya pas ada pemasukan kita bisa masukkan untuk bayar les anak tiga bulan ke depan," ujarnya memberi contoh.

Baca juga: Tips Komunikasi agar Keuangan Tak Jadi Sumber Pertengkaran Pasutri

Komisaris Bank Jago, Anika Faisal, mengatakan, para ibu memiliki beragam peran, salah satunya pengatur keuangan rumah tangga, sehingga edukasi soal keuangan sangat penting.

Karena itu Bank Jago melakukan edukasi Fintamin (financial vitamin) untuk mempermudah para ibu meningkatkan kesehatan keuangan dan mengembangkan usahanya.

Bank Jago adalah bank berbasis teknologi yang tertanam di ekosistem digital Indonesia dan bertujuan meningkatkan kesempatan tumbuh berjuta insan melalui solusi keuangan digital yang fokus pada kehidupan sehari-hari.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com