Kompas.com - 27/12/2021, 09:18 WIB
Manfaat cengkeh untuk kesehatan termasuk menurunkan radikal bebas penyebab sejumlah penyakit, seperti kanker. Manfaat cengkeh untuk kesehatan termasuk menurunkan radikal bebas penyebab sejumlah penyakit, seperti kanker.
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Dari berbagai penyakit kanker yang ada, salah satu yang seringkali tidak menunjukkan gejala dengan jelas adalah kanker pankreas.

Kanker pankreas berawal dari munculnya tumor jinak atau tumor ganas pada pankreas.

Pankreas berbentuk seperti buah pir, dengan panjang sekitar 15 sentimeter. Organ ini terletak di perut bagian atas.

Fungsi dari pankreas adalah menghasilkan hormon insulin yang mengatur gula darah, serta menghasilkan enzim pencernaan untuk memecah makanan di usus.

Ketika sel-sel pankreas tumbuh secara tidak terkendali akibat perubahan sifat genetik, kanker pankreas bisa terjadi.

Angka harapan hidup penderita kanker pankreas umumnya lebih rendah dibandingkan penderita kanker lain, dengan kelangsungan hidup lima tahun sekitar tujuh persen.

Pasalnya, gejala kanker pankreas tidaklah spesifik dan baru terdeteksi ketika penyakit sudah menyebar. Namun bukan berarti kondisi ini tidak memiliki gejala sama sekali.

Itulah sebabnya, kita perlu mendeteksi tanda-tanda kanker pankreas sejak dini, supaya bisa dilakukan penanganan lebih cepat.

Gejala kanker pankreas yang perlu diwaspadai adalah:

1. Mual atau muntah setelah makan makanan berlemak

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.