Kompas.com - 27/12/2021, 16:38 WIB

KOMPAS.com - Tidak ada hubungan yang sempurna ketika kita menjalin tali asmara. Pasti ada saja masalah yang mendera dan membuat hubungan menjadi tak harmonis, bahkan tidak sehat.

Sayangnya, tidak semua pasangan menyadari hal ini. Mereka kerap merasa hubungan yang dijalani baik-baik saja karena sudah dibutakan oleh cinta.

Padahal hubungan yang tidak sehat bila dilanjutkan akan menyakiti satu sama lain dan lebih parahnya membuat hubungan tidak langgeng.

Baca juga: 4 Cara untuk Menjaga Hubungan Tetap Langgeng

Lantas, apa saja tanda yang menunjukan hubungan sudah menjurus ke hal-hal yang tidak sehat?

1. Melakukan apa pun demi cinta

Istilah "cinta itu buta" memang ada benarnya saat sejoli saling memadu kasih.

Mereka yang dibutakan oleh cinta sering merasa bahwa pengorbanan diri adalah kunci untuk membuat hubungan bertahan lama.

Meskipun berkorban dapat menjadi bukti rasa peduli terhadap pasangannya, hal ini sebaiknya jangan dilakukan terus menerus.

Dalam hubungan yang sehat, tidak ada pasangan yang selalu berkorban agar pasangannya bahagia.

Sebaliknya, mereka yang ingin hubungannya berjalan mulus justru fokus pada apa yang dibutuhkan dengan pasangan dan membuat pilihan yang positif untuk kepentingan bersama.

Ingatlah, hubungan yang sehat bersifat timbal balik. Berkorban memang ada sisi baiknya, tapi lakukanlah di saat yang tepat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.