Kompas.com - 28/12/2021, 06:15 WIB
Ada sejumlah kebiasaan yang dapat bikin kulit putih dan terlihat lebih sehat. SHUTTERSTOCKAda sejumlah kebiasaan yang dapat bikin kulit putih dan terlihat lebih sehat.

BANDUNG, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat gaya hidup berubah. Begitupun dengan tren kosmetik 2021.

Direktur SÉLIZ By Jasa Mekar, Jenny Gunadi mengatakan, selama pandemi, semakin banyak orang yang lebih peduli dengan kesehatan kulitnya. Semakin banyak pula orang yang punya waktu lebih untuk mempercantik diri walau hanya di rumah saja.

Meski begitu, rupanya banyak orang mencari sesuatu yang praktis. Karenanya di tahun 2021, skinimalism atau skincare yang minimalis banyak disukai. Tren ini kemungkinan besar semakin digandrungi tahun depan.

"Tahun depan bakal semakin digandrungi," ujar Jenny di tokonya di Kopo Bandung, Senin (27/12/2021).

Skincare dan kosmetik yang diminati beragam, mulai dari lokal hingga impor. Brand lokal ini pun semakin bersaing karena kualitasnya yang tak kalah dari produk impor.

Bahkan ia sendiri menyarankan menggunakan produk lokal. Ada beberapa keunggulan produk lokal yakni selain harganya lebih ramah di kantong, bahan yang digunakan lebih pas untuk kulit orang Indonesia.

"Produk lokal disesuaikan dengan jenis kulit yang tinggal di negara tropis," kata dia.

Perwakilan PD Jasa Mekar, perusahaan yang bergerak dalam bidang grosir produk perawatan wajah dan tubuh sejak 1968, Rosmitawati mengatakan, produk seperti hand and body lotion semakin banyak dicari.

Hal itu karena pada masa pandemi, banyak orang yang menggunakan hand sanitizer sehingga menyebabkan kulit menjadi lebih cepat kering.

Untuk kosmetik, Rosmitawati mengaku saat pandemi mengalami kemerosotan. Itu karena orang jarang menggunakan make-up selama di rumah saja.

Hal ini terutama berlaku untuk decorative makeup atau makeup yang bersifat penunjang penampilan agar wajah lebih hidup dan berwarna.

Namun belakangan ini, penjualan make up mulai meningkat. Hal ini seiring dengan menurunnya kasus Covid-19 di Indonesia.

"Fokus kami tahun depan ke remaja. Dari catatan kami, penjualan produk remaja terus meningkat. Untuk penjualan online, pembeli produk remaja mencapai 90 persen," tutur dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.