Kompas.com - 28/12/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Makanan sehat dengan gizi seimbang dan olahraga berkontribusi dalam meningkatkan sistem kekebalan.

Jika kedua hal itu cenderung sulit dipenuhi, ada cara lain untuk meningkatkan kekebalan, yakni dengan mengonsumsi suplemen.

Pakar penyakit menular Dr Anthony Fauci menyebutkan peran suplemen vitamin C dan vitamin D dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

"Jika kita kekurangan vitamin D, hal itu membuat kita rentan terkena infeksi," kata Fauci, mengutip laman Eat This, Not That!.

Baca juga: Hadapi Musim Hujan dan Pandemi, Ini Cara Jaga Kekebalan Tubuh

"Saya menyarankan, dan saya juga melakukannya, mengonsumsi suplemen vitamin D."

"Vitamin lain yang dikonsumsi adalah vitamin C karena merupakan antioksidan yang baik, jadi tidak masalah mengonsumsi sekitar satu gram vitamin C," tambah dia.

Lebih lanjut dia menuturkan, ada bukti yang menunjukkan, kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuh membuat individu lebih mudah terkena infeksi.

Sebuah studi yang melibatkan 11.321 peserta mengungkap, orang yang mengonsumsi suplemen vitamin D per minggu atau per hari berisiko lebih rendah untuk mengembangkan infeksi saluran pernapasan.

Temuan ini dibandingkan dengan peserta yang tidak mengonsumsi vitamin D.

"Studi laboratorium memerlihatkan vitamin D dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, mengendalikan infeksi dan menurunkan risiko peradangan."

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Eat This
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.